PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali bersama Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V menyinergikan pembangunan proyek strategis nasional Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 kV Grati-Tx Kalanganyar.

"Audiensi dilakukan agar memiliki persepsi yang sama mengenai pentingnya pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan yang merupakan proyek strategis nasional demi peningkatan keandalan sistem, yang akan membawa dampak positif bagi banyak pihak," kata General Manager PLN UIP JBTB Anang Yahmadi di Surabaya, Kamis.

Dalam kesempatan sama juga dibahas terkait kebutuhan dukungan dari TNI AL ke PLN terkait izin pelaksanaan inventarisasi ruang bebas/ ROW dengan obyek tanah dan tanaman keras yang ada, mengacu kepada Peraturan Kementerian Energi dan Sumber Daya Manusia Nomor 13 Tahun 2021 dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 115/PMK.06/2020 mengenai Pemanfaatan Barang Milik Negara. 

Lebih lanjut., pihak PLN menyampaikan mengenai permohonan dukungan untuk rencana pelaksanaan penarikan konduktor pada 17 tower yang sudah berdiri di Wilayah Puslatpurmar 3 Grati.

Anang mengatakan PLN mengapresiasi dukungan yang diberikan Lantamal V. 

"Dengan adanya tapak tower yang berada dalam lokasi Puslatpurmar 3 Grati, tentunya dukungan dari Lantamal sangat menentukan keberhasilan pembangunan infrastruktur kelistrikan ini yang juga merupakan program pemerintah yaitu proyek strategis nasional," katanya.

Dia menambahkan dengan berhasilnya pembangunan infrastruktur ini nantinya akan berdampak luas kepada masyarakat, khususnya di Pulau Jawa. 

PLN optimistis dengan sinergi bersama demi pembangunan kelistrikan di Indonesia, maka peningkatan keandalan kelistrikan akan segera terealisasi dan membawa dampak positif bagi masyarakat luas. 

"Proses Pembangunan Proyek Strategis Nasional akan kami upayakan sesegera mungkin untuk kami tuntaskan, tentunya dengan menerapkan prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja serta dengan melaksanakan seluruh proses sesuai dengan ketentuan yang berlaku," tuturnya.

Sementara itu, Komandan Lantamal V, Brigjen TNI Marinir Joni Sulistiawan menyatakan siap mendukung proyek strategis nasional.

"Kami mendukung pembangunan demi rakyat. Dan untuk pelaksanaan pembangunan termasuk penggunaan lahan Lantamal V, agar PLN melaksanakan sesuai aturan berlaku," ujarnya.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023