Rektor Universitas Bhayangkara (Ubhara) Surabaya Irjen Pol (Purn) Drs. Anton Setiadji, SH, MH., meminta lulusan kampus setempat untuk berpegang teguh kepada Panca Prasetya Alumni.

"Kami berpesan tetap berpegang teguh pada Panca Prasetya Alumni. Tetap menjaga kehormatan dan nama baik almamater bersikap rendah hati, karena pada akhirnya masyarakat yang menguji dan menilai pengetahuan dan keahlian kita," kata mantan Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur itu dalam keterangannya di Surabaya, Selasa.

Ubhara mengukuhkan 883 wisudawan dalam prosesi wisuda sarjana (S1) angkatan ke 55 dan magister angkatan ke 30.

Terperinci ratusan wisudawan tersebut terdiri dari 61 wisudawan Magister Hukum, 24 wisudawan Magister Manajemen, 262 wisudawan Fakultas Hukum, 236 wisudawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), 184 wisudawan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), dan 116 wisudawan Fakultas Teknik.

Irjen Purn Anton juga berharap para wisudawan tidak hanya menunggu tawaran atau kesempatan namun menggunakan keahlian dan ilmu yang telah diperoleh untuk aktif bersaing secara sehat dalam meraih kesempatan kerja.

"Jangan berpuas diri dengan apa yang diperoleh, tetapi dengan kemampuan yang dimiliki, hendaklah terus ditingkatkan untuk meraih keberhasilan, baik dalam memperoleh pekerjaan maupun dalam menciptakan lapangan kerja sebagai wujud peran serta dalam pembangunan bangsa dan negara," ucapnya.

Dia menambahkan pada prosesi wisuda yang bertepatan HUT 41 tahun ini, Ubhara terus berupaya mewujudkan moto kampus yakni Kolaboratif, Kompeten dan Kreatif.

Dalam upayanya, kata dia, pihaknya terus melakukan berbagai kerjasama dalam Gebyar Tridharma Perguruan Tinggi Keluarga Besar Polri 2023 di Sukabumi.

"Kolaborasi tersebut dilakukan dengan beberapa universitas yang masih dalam satu naungan Yayasan Brata Bhakti Polri. Diantaranya, kerjasama dengan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya dan Universitas Langlang Buana Bandung," urainya.

Selain itu menjalin kerjasama dengan Direktorat Ristek dan PKM dalam Workshop Penyusunan Deskripsi Paten 2023 Batch 2 telah terlaksana dengan baik, yang akan dinanti kelanjutannya dalam Workshop Penyusunan Proposal Penelitian.

"Dalam kegiatan tersebut menghasilkan empat artikel penelitian dan empat artikel PKM. Ubhara Surabaya juga menampilkan inovasi ilmiah hasil penelitian Dosen, di antaranya adalah Sistem Keamanan Motor (SIKEMO) dan Kopi Kwaci," katanya.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023