Dinas Pertanian (Disperta) bersama Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo menjalin sinergi untuk mewujudkan pekarangan pangan lestari di Kelompok Tani (Poktan) Sumber Rejeli Lima di Desa Banjarsari, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Kamis.

"Sinergi Tim Penggerak PKK dengan Disperta bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat dan meningkatkan ketahanan pangannya," kata Kepala Bidang Sarana Penyuluhan dan Pengendalian Pertanian Diperta Kabupaten Probolinggo Faiq El Himmah di kabupaten setempat.

Menurut dia, kelompok itu mendapatkan sarana pembenihan dan sudah dimanfaatkan untuk pembibitan dan ketika berusia 1 bulan, benihnya ditanam dan sekarang sudah waktunya panen dan semuanya sudah bebas dari residu kimia.

"Harapannya agar program itu tetap berputar serta dapat membawa manfaat bagi kelompok tani khususnya dan masyarakat pada umumnya, sehingga meningkatkan aspek ekonomi di Desa Banjarsari," katanya.

Faiq juga berharap kegiatan pekarangan pangan lestari itu menjadi pertanian berkelanjutan, sehingga tidak cukup hanya saat panen saja dan pada bulan berikutnya hilang.

Sementara Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Rita Erik mengapresiasi Dinas Pertanian, Kepala Desa dan Poktan Sumber Rejeki Lima yang telah mensinergikan kegiatan pangan lestari di Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo.

"Kami berkumpul untuk membahas inisiatif yang sangat berarti bagi masyarakat berupa program Pekarangan Pangan Lestari karena kegiatan itu menjadi salah satu prioritas untuk memajukan kesejahteraan petani dan berkelanjutan lingkungan di komunitas," tuturnya.

Menurut dia, pekarangan pangan lestari adalah langkah konkret dalam mendukung keamanan pangan lokal, menciptakan sumber makanan yang lebih berkualitas dan merangsang kesadaran akan pentingnya pertanian berkelanjutan.

"Kerja sama adalah kunci keberhasilan pekarangan pangan lestari yang tidak terlepas dari peran aktif semua pihak, baik dari Dinas Pertanian, Tim Penggerak PKK, Camat Sumberasih, Kepala Desa Banjarsari dan petugas lapangan di wilayah kecamatan setempat," katanya.

Ia berharap dengan adanya kegiatan pekarangan pangan lestari itu, Kelompok Tani Sumber Rejeki Lima bisa memanfaatkan lahan pekarangan yang ada untuk mendukung kemandirian pangan masyarakat dan peningkatan ketahanan pangan masyarakat.

"Dengan demikian maka diharapkan bisa membantu perekonomian keluarga dan mampu menggerakkan perekonomian desa dan meningkatkan perekonomian masyarakat melalui program pekarangan pangan lestari," ujarnya.
 

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023