Calon presiden Anies Baswedan mengatakan tiga nama eks pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang bergabung di tim nasional (timnas) pemenangan untuk Pemilihan Presiden 2024 merupakan sosok yang selama ini selalu berupaya mewujudkan perubahan.

"Justru anggota yang menjadi anggota timnas adalah pribadi-pribadi yang selama ini sudah bekerja untuk perubahan di berbagai sektor," kata Anies di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Rabu.

Sosok-sosok yang dimaksud Anies adalah ketiga eks pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), yakni Abraham Samad, Bambang Widjojanto, dan Saut Situmorang. Ketiganya mengisi posisi Anggota Dewan Pakar

Anies menyebut bergabungnya para mantan pimpinan komisi antirasuah lantaran memiliki kesamaan dalam cara pandang dengan jajaran di Koalisi Perubahan, terkait konsep perubahan yang digagas.

Karenanya ketiganya kemudian berkumpul menjadi satu kesatuan sebagai timnas pemenangan bagi pasangan Anies-Muhaimin atau "AMIN".

Timnas "AMIN" pun saat ini siap bergerak merealisasikan perubahan bagi Indonesia ke arah yang lebih baik dan hal itu telah menjadi tujuan bersama.

"Jadi yang berkumpul adalah orang-orang yang ingin perubahan untuk Indonesia lebih adil dan lebih makmur," ucapnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD., dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden yang berkompetisi dalam Pemilu Presiden 2024.

Pasangan Anies-Muhaimin diusung oleh Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat.

Pasangan Ganjar-Mahfud MD. diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Sementara itu, pasangan Prabowo-Gibran diusung oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Garda Republik Indonesia (Garuda), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), serta Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) yang tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2024.

KPU telah menetapkan masa kampanye pemilu yang akan berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023