Aparat Kepolisian Resor Kota Probolinggo dan Kodim 0820 menggelar patroli gabungan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang Pemilu 2024 di Kota Probolinggo, Rabu.

"Patroli dilakukan di kantor penyelenggara pemilu, yakni Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), gudang logistik KPU, dan Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)," kata Kapolres Kota Probolinggo Ajun Komisaris Besar Polisi Wadi Sa’bani.

Ia mengatakan kegiatan patroli itu dilakukan dalam rangkaian Operasi Mantap Brata Semeru 2023–2024 dengan tujuan memberikan rasa aman kepada penyelenggara pemilu, sekaligus menciptakan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Hari ini kami bersama Dandim 0820 Letkol Arm Heri Budiasto dan para pejabat utama Polres Kota Probolinggo, serta para anggota dari KPU dan Bawaslu setempat melaksanakan kegiatan patroli dengan tujuan menjaga siskamtibmas agar tetap aman dan terkendali," tuturnya.

Rombongan juga sempat mengecek personel pengamanan yang sedang melaksanakan penjagaan di Kantor KPU, Bawaslu serta gudang logistik KPU Kota Probolinggo.

"Anggota yang berpatroli tersebut masuk ke Satuan Tugas (Satgas) Preventif Operasi Mantap Brata dan berperan penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban. Sekaligus mencegah potensi gangguan yang dapat membahayakan integritas proses pemilu," katanya.

Kapolres menambahkan satgas berkoordinasi dan bekerja sama dengan pejabat KPU dan Bawaslu untuk mengatasi masalah keamanan. Mereka nantinya akan rutin melakukan patroli, mengingat pentingnya kepolisian proaktif.

"Dengan menjaga kehadiran yang kuat di lokasi-lokasi kritis untuk mencegah terjadinya insiden yang tidak diinginkan. Langkah itu juga untuk menyukseskan pelaksanaan pemilu yang aman, damai dan adil," katanya.

Ia berharap KPU Kota Probolinggo tidak segan-segan dalam menyampaikan informasi kepada petugas pengamanan, baik Polri maupun TNI, apabila ada permasalahan dalam tahapan pemilu. Pihaknya siap memberikan masukan maupun langkah-langkah pencegahan.

Di samping itu, saat ini sudah ada beberapa anggota kepolisian yang ditugaskan berjaga di Kantor KPU dan Bawaslu Kota Probolinggo.

"Selain untuk melakukan pengamanan tahapan pemilu, juga sebagai langkah antisipasi terhadap ancaman dan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat," katanya.

Sementara itu Komandan Kodim 0820 Letkol Arm. Heri Budiasto mengatakan bahwa dalam penyelenggaraan pengamanan pemilu saat ini, semua elemen elemen pengamanan maupun penyelenggara harus tetap melakukan sinergi dan berkomitmen dalam pengamanan pemilu.

"Hal tersebut bertujuan agar pelaksanaan Pemilu 2024 bisa berjalan dengan aman dan lancar," ujarnya.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023