Kepolisian Resor Trenggalek, Jawa Timur, Rabu, menggelar apel kesiagaan pengamanan pemilu dengan memeriksa kesiapan seluruh personel serta kendaraan operasional yang akan digunakan untuk patroli di seluruh wilayah daerah tersebut.

Kapolres Trenggalek Ajun Komisaris Besar Polisi Gathut Bowo Supriyono yang memimpin apel kesiagaan itu, mengecek secara detail masing-masing kendaraan, meliputi kebersihan, administrasi kendaraan, mesin, perangkat penunjang seperti lampu rotator, sirine, dan peralatan keamanan lainnya.

Apel tersebut digelar sebagai implementasi dari instruksi Kapolri agar semua jajaran menyiapkan seluruh sarana prasarana dalam menunjang kesiapan pengamanan setiap tahapan Pemilu 2024.

"Dinamika kamtibmas dewasa ini yang terus berkembang serta tahapan Pemilu 2024 yang berjalan sudah sepatutnya perlu kesiapan sarana prasarana, tak terkecuali ranmor (kendaraan bermotor) dinas," kata Kapolres.

Total ada 285 unit kendaraan bermotor dinas untuk operasional yang diperiksa dengan rincian 222 kendaraan roda dua, 58 kendaraan roda empat, dan lima kendaraan roda enam.

Kapolres meminta setiap satuan kerja terbuka terhadap ranmor dinas. Hal ini sangat penting agar kendaraan selalu terawat dan terjaga dengan baik sehingga siap digunakan setiap saat.

Jika ada kerusakan, Gathut meminta segera melaporkan untuk dilakukan perbaikan.

Gathut menambahkan seluruh kendaraan operasional dinas untuk pengamanan tersebut merupakan fasilitas negara yang diberikan kepada institusi.

Oleh sebab itu, dia menekankan agar kendaraan dinas itu harus dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kepentingan masyarakat, terutama mendukung suksesnya Pemilu 2024.

"Dari hasil pengecekan, alhamdulillah semua dalam keadaan baik dan siap pakai. Harapan kita tentunya ini dapat dimanfaatkan mendukung semua kegiatan pengamanan setiap tahapan pemilu," katanya.

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023