Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menyambut kemitraan pendidikan dengan negara lain, sehingga memberi persetujuan kepada Western Sydney University untuk membuka cabang di Kota Surabaya. 

"Membangun kemitraan dengan negara lain melalui pendidikan merupakan upaya membangun ekosistem, sekaligus tentang menjalin partnership," katanya saat pembukaan Kampus Western Sydney University di Surabaya, Kamis.
 
Menurutnya Surabaya sebagai tempat yang tepat untuk membangun ekosistem pendidikan yang sesuai guna memperkuat hubungan antarnegara. 

"Western Sydney University memilih tempat yang tepat di Kota Surabaya untuk memperkuat hubungan antarnegara, terutama lewat penguatan akademik, riset, dan kolaborasi pendidikan," ujarnya.

Mendikbudristek menilai kampus yang menawarkan program studi visionaris ini sangat diminati oleh mahasiswa di Surabaya.
 
"Ini adalah terobosan baru yang menghubungkan bisnis, teknologi, hingga political networking," ucapnya. 

Senada, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan dukungannya secara penuh pembukaan Kampus Western Sydney University di Surabaya. Terlebih perguruan tinggi asal Australia itu membuka beberapa program studi terkait inovasi digital yang sangat dibutuhkan untuk membangun industri manufaktur di Jawa Timur.

"Apalagi, dari keterangan Pak Menteri, Western Sydney University adalah kampus luar negeri dari Australia yang pertama kali ada di Indonesia untuk Strata satu," katanya.

Gubernur Khofifah optimistis keberadaan Western Sydney University di Surabaya akan mendukung industri manufaktur di Jawa Timur yang ditargetkan tahun 2024 tumbuh sebesar 35 persen lewat berbagai program keahlian yang ditawarkan. Sementara di tahun 2022 industri manufaktur di Jawa Timur tercatat sudah di angka 31,34 persen.
 
"Kita membutuhkan banyak sumber daya manusia dengan mencangkok berbagai keahlian seperti yang ditawarkan oleh Western Sydney University, dengan didukung program-program studi yang telah disiapkan," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Menteri Pendidikan Australia Jason Clare menyampaikan bahwa edukasi menumbuhkan banyak ekosistem, mulai dari industri, teknologi dan menjadi sarana memperkuat hubungan antarnegara. 

"Kami berharap ini membuka kesempatan bagi mahasiswa Indonesia untuk belajar di salah satu universitas terbaik Australia yang telah dibuka di Kota Surabaya. Universitas ini berkomitmen untuk mendorong perubahan dunia. Kota Surabaya menjadi titik yang sesuai untuk memulai perubahan ini," katanya.

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023