Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun menggelar International Conference on Railway and Transportation (ICORT) 2023  bertajuk Developing Sustainable Transportation Towards Energy Efficient and Eco-Friendly System untuk menghadapi tantangan transportasi masa depan.

Direktur PPI Madiun Yuwono Wiarco, di Madiun, Kamis, mengatakan dampak globalisasi membawa tantangan dan persaingan seluruh negara, termasuk industri transportasi. Salah satu cara menjawab tantangan itu, dengan menciptakan transportasi masa depan yang positif, penuh keselarasan antara kebutuhan dan permintaan masyarakat, serta kualitas transportasi yang meningkat.

"Karenanya, melalui konferensi ini diharapkan peserta mendapat pemahaman yang komprehensif dalam hal transportasi tentang aspek yang saling berhubungan antara inovasi dan prospek industri serta dampaknya bagi masyarakat," ujar Yuwono Wiarco dalam sambutannya di ajang ICORT 2023 yang digelar di Auditorium PPI Madiun, Jatim.

Selain itu, kegiatan itu juga bertujuan untuk mendukung Indonesia memiliki inovasi di bidang transportasi masa depan dengan sistem yang terintegrasi dan berkelanjutan.

Terdapat emat narasumber dihadirkan dalam kegiatan itu, yakni, President Intelligent Transport System (ITS) Indonesia, Willian P. Sabandar dan Prof. Madya Ts. Dr Joewono Prasetijo dari Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM), serta dua pemateri lain yang hadir secara daring yakni perwakilan dari China Railway Design Corporation (CRDC), Xia Jian dan Assistant Professor di Chiba University Jepang, Hiroyasu Kobayashi.

Masing–masing pemateri menjabarkan sejumlah topik pembahasan di antaranya tentang tujuh fokus hal yang diperhatikan dalam mewujudkan transportasi masa depan. Yakni, ekonomi dan kebijakan transportasi; evaluasi, pencegahan dan pengendalian risiko keselamatan lalu lintas.

Kemudian, sistem transportasi cerdas dan mobilitas cerdas, permodelan dan pengendalian lalu lintas jalan bebas hambatan; pengangkutan dan logistik; transportasi dan bahan bakar berkelanjutan, serta teknik perkeretaapian dan transportasi.(*)

Pewarta: Rindhu Dwi Kartiko

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023