Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur menggelar diskusi bersama peserta Program Magang Community Project untuk membahas mekanisme kemudahan saat pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) bagi penyandang disabilitas.

Anggota KPU Jatim Gogot Cahyo Baskoro melalu keterangan resmi, Selasa menyampaikan forum diskusi yang digelar hari ini menindaklanjuti kerja sama dengan Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) dan Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

"KPU pada dasarnya telah menyediakan fasilitas yang akses disabilitas, akan tetapi mungkin masih terbatas dan terus dibenahi, kami coba diskusikan bersama dan mengambil jalan tengah," kata Gogot.

Produk program magang itu, kata Gogot salah satunya konten sosialisasi tata laksana pemilu, khususnya bagi pemilih disabilitas.

Karena itu, KPU Jawa Timur juga meminta para peserta "Program Magang Community Project" aktif menyampaikan ide dan konsep materi sosialisasi.

"Kami berharap teman-teman terlibat dalam pembuatan konten sosial media KPU Jawa Timur," ucapnya.

Agenda tersebut diikuti oleh 18 peserta Program Magang Community Project, satu perwakilan PPDI, satu Dosen Universitas Negeri Surabaya (Unesa), serta tujuh peserta magang di KPU Jatim. 

Sementara itu, Dosen Unesa Novia Restu Windayani selaku dosen pendamping berharap apa yang disampaikan oleh peserta magang bisa terakomodir di KPU Jawa Timur.

"Diharapkan teman-teman juga bisa berpartisipasi dengan baik dalam pembuatan konten agar dapat lebih mengajak masyarakat luar untuk berpartisipasi pada Pemilu," kata dia.

Perwakilan PPDI Fadil menyatakan kolaborasi ini bertujuan menciptakan sistem kepemiluan yang ramah bagi penyandang disabilitas.

"Saya harap teman-teman bisa aktif menyampaikan secara terbuka terkait apa yang ingin disampaikan kepada KPU, mari bersama belajar dan sampaikan aspirasi agar penyelenggaraan pemilu ke depannya dapat menjadi lebih baik lagi," ucapnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menerima pendaftaran tiga pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden untuk Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, serta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Pasangan Anies-Muhaimin diusung oleh Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat. 

Pasangan Ganjar-Mahfud diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). 

Sedangkan pasangan Prabowo-Gibran diusung oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Garda Republik Indonesia (Garuda), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), serta Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) yang tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan masa kampanye pemilu yang akan berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024.
 

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023