Ribuan warga di Kediri.mengikuti jalan sehat sarungan yang digelar oleh PCNU kota setempat dalam rangkaian Hari Santri 2023 yang diikuti berbagai kalangan masyarakat di area Taman Tirtoyoso.

"Kegiatan ini diikuti semua komponen masyarakat baik nahdliyin maupun lainnya. Kami laksanakan ini untuk kebersamaan, untuk menyehatkan sekaligus taaruf antara kita semua, warga nahdliyin dan masyarakat umumnya," kata Ketua Panitia Hari Santri 2023 PCNU Kota Kediri Nur Muhyar di Kediri, Minggu.

Ia mengatakan kegiatan ini juga digelar dalam rangka mengenang jasa ulama yang sudah berjuang demi kemerdekaan bangsa ini. Santri diharapkan terus bersemangat ikut serta memajukan negeri ini.

"Kami juga ingin memajukan negeri ini dengan berbagi semangat (perjuangan ulama) dengan landasan keagamaan yang beliau (ulama) wariskan ke kita semua," kata dia.

Dalam acara itu, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar hadir. Ia memberikan apresiasi berbagai kegiatan di Kota Kediri dalam memperingati Hari Santri Nasional. Selain jalan sehat sarungan, juga digelar berbagai kegiatan lainnya.

Menurut Wali Kota Kediri, acara-acara yang pada peringatan Hari Santri Nasional 2023 ini sangat menarik. 

"Kita harus tunjukkan bahwa peringatan Hari Santri Nasional di Kota Kediri punya kegiatan yang bagus dan seru. Semoga kita bisa terus mengawal jihad dari para santri seperti tema tahun ini Jihad Santri Jayakan Negeri," kata dia. 

Pada kesempatan ini, Wali Kota Kediri juga mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh santri. Selama masa kepemimpinannya santri selalu mendukung dan bekerjasama dengan Pemerintah Kota Kediri. 

Ia berharap, kolaborasi antara santri dan pemerintah ini dapat terjaga. 

"Masa kepemimpinan saya sebagai Wali Kota Kediri segera berakhir. Terima kasih atas kerjasama selama ini. Mohon maaf atas segala khilaf yang telah saya dan almarhumah Ning Lik (mantan Wakil Wali Kota Kediri Lilik Muhibbah) lakukan selama memimpin," kata dia.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023