Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Surabaya mengklaim banyak warga Kota Pahlawan, Jatim, yang berbondong-bondong masuk sebagai kader PSI sebagai dampak dari "Kaesang Effect".

Ketua DPD PSI Surabaya Erick Komala dalam keterangannya di Surabaya, Minggu, mengatakan hanya dalam hitungan hari, bergabungnya Putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep ke PSI dan dilantiknya ia menjadi Ketua Umum PSI selang dua hari setelahnya, memunculkan tagar bertajuk #KaesangEffect di media sosial yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia.

"Banyak masyarakat beramai-ramai mendaftar sebagai anggota PSI," katanya.

Terhitung sejak sejak 25 September 2023 sampai dengan 3 Oktober 2023, lanjut dia, jumlah anggota yang baru saja mendaftar mencapai 13.267 orang.

Hal ini juga dialami oleh PSI Surabaya yang mana banyak masyarakat Surabaya bahkan luar Surabaya yang berbondong-bondong mendaftar sebagai kader, baik secara daring melalui laman resmi www.psi.id maupun datang langsung ke Sekretariat Kantor DPD PSI Surabaya.

Bahkan, lanjut dia, pihaknya menggelar acara kopdar anggota baru "Login PSI" yang bertempat di depan Kantor DPD PSI Surabaya di Jalan Ngagel 143-D Surabaya pada Sabtu (28/10) malam.

Sekretaris DPD PSI Kota Surabaya Yuga Pratisabda menambahkan mekanisme pendaftaran sebagai kader di PSI Surabaya tidak sulit dan tentunya terbuka untuk umum bagi masyarakat Surabaya yang berusia di atas 18 tahun.

"Kami persilakan datang langsung ke kantor agar bisa langsung cetak kartu tanda anggota (KTA)," ujarnya.

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023