Kepolisian Resor(Polres) Sumenep, Madura, Jawa Timur, menyiagakan puluhan personel di kantor komisi pemilihan umum (KPU) dan badan pengawas pemilu (Bawaslu) setempat.

"Anggota kami mulai disiagakan di dua objek vital penyelenggaraan Pemilu 2024 itu sejak beberapa hari lalu hingga tahapan selesai," kata Kepala Polres Sumenep, AKBP Edo Satya Kentriko di Sumenep, Selasa.

Untuk sementara, jumlah personel Polres Sumenep yang siaga di kantor KPU dan Bawaslu setempat, masing-masing sebanyak 5-10 anggota dan bertugas selama 24 jam secara bergantian.

Selain itu, Polres Sumenep berencana melaksanakan patroli skala besar bersama personel instansi samping sebagai bagian dari upaya mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat selama berlangsungnya tahapan Pemilu 2024 tetap kondusif.

Baca juga: KPU Sumenep siapkan gudang penyimpanan logistik Pemilu 2024

"Kami juga mengajak seluruh elemen masyarakat di Sumenep bersama-sama menjaga situasi tetap kondusif. Pemilu 2024 yang aman, damai, dan lancar adalah keinginan dan harapan bersama," kata Edo, menambahkan.

Kabupaten Sumenep yang memiliki 126 pulau dan 48 pulau di antaranya berpenghuni itu, terdiri atas 27 kecamatan, yakni 18 kecamatan di daratan dan 9 kecamatan kepulauan.

Ada pun jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024 di Kabupaten Sumenep sebanyak 877.135 orang, dengan rincian 414.340 laki-laki dan 462.795 perempuan.

Mereka nantinya menggunakan hak pilihnya di 3.863 tempat pemungutan suara (TPS) di 334 desa/kelurahan yang tersebar di 18 kecamatan daratan dan 9 kecamatan kepulauan.

Sesuai jadwal tahapan yang telah ditetapkan KPU RI, hari H Pemilu 2024 (pemilihan presiden/wapres, DPR RI, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kota/kabupaten) pada 14 Februari.

Pewarta: Abd Aziz/ Slamet Hidayat

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023