PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus berkomitmen mewujudkan kemandirian sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar mampu naik kelas melalui optimalisasi program pelatihan, sertifikasi, hingga menyertakan di dalam setiap gelaran pameran.

Salah satu bentuk komitmen tersebut, yakni melalui gelaran even Jatim Fest menyemarakkan "Hari Jadi Provinsi Jawa Timur" yang mengusung tema "Jatim Bangkit, Terus Melaju" yang diselenggarakan pada 4-8 Oktober di Jatim Expo, Surabaya.

"Pertamina senantiasa menghadirkan energi yang dapat menggerakkan roda ekonomi, energi yang menjadi bahan bakar, energi yang menghasilkan pertumbuhan berkelanjutan, dan berupaya terus mendorong setiap mitra naik kelas dan Go Global," kata Area Manager Comm Rel & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus Ahad Rahedi melalui keterangan resmi, Kamis.

PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus sendiri mengikutsertakan enam mitra binaan unggulannya, Batik Cempaka, Japara Art Furniture, Namine, Tenoen Mojag, Safira Collection, dan RH Batik Madura. 

Dia berharap usai mengikuti Jatim Fest 2023 UMKM bisa memperluas jaringan pemasaran dan menampilkan inovasi unggulan.

"Menarik para buyers, traders dan investors dalam usaha memperluas jaringan pasar nasional maupun global," ujarnya.

Pameran "Jatim Fest 2023" menampilkan beragam produk maupun layanan, sekaligus sarana penyampaian informasi, potensi, prestasi dan reputasi kinerja dari dinas, BUMN, BUMD, kabupaten, kota, serta provinsi di Jawa Timur maupun seluruh Indonesia.

Kemudian juga pelaku usaha maupun industri yang meliputi produk perbankan, furniture & craft, produk kulit, fesyen, peralatan rumah tangga, makanan dan minuman, produk kelautan, perikanan, dan pertanian, energi sumber daya mineral, bursa wisata, kosmetik dan herbal, hingga industri kesehatan.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dalam sambutannya mengajak seluruh elemen strategis di Jawa Timur untuk terus memberikan penguatan lewat pendampingan untuk mendorong UMKM naik kelas.

"PR kami berikutnya, yaitu bagaimana mendekatkan para pelaku UMKM dengan digital IT dan ekosistem digital lainnya. Saya mohon kepada semuanya yang memiliki kemampuan untuk melakukan pendampingan dan kemampuan untuk bisa mendorong tumbuh kembang UMKM agar cepat naik kelas," ujar Khofifah. 

Pemilik Namine Tatik Nurhayati mengungkapkan dengan diikutsertakan ke dalam pameran dirinya bisa lebih melebarkan sayap untuk memperkenalkan produknya kepada pasar, baik lokal, nasional dan harapannya kepada pasar internasional.

"Kami mengucapkan terimakasih sekali sebesar-besarnya pada Pertamina karena selama ini dibina dan diberi kesempatan untuk mengikuti pameran sehingga bisa mengembangkan kreatifitas dan pengkayaan untuk produk Namine," ujar Tatik.

PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus menyabet penghargaan "Stand Terbaik" kategori "Penggiat CSR Terbaik" yang diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat penutupan pagelaran "Jatim Fest 2023", pada Minggu (8/10/2023).

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Chandra Hamdani Noor


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023