Penjabat (Pj) Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai mengapresiasi kekompakan kinerja Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim dalam menjalankan roda pemerintahan, khususnya hubungan dengan kepala daerah.

"Kepala daerah sangat kompak dengan gubernur dan wakil gubernur, sehingga selalu bahu membahu dalam menyelesaikan segala bencana," kata Aries, ditemui usai upacara HUT Ke-78 Pemprov Jatim di Gedung Negara Grahadi, Kamis.

Aries berharap, kekompakan ini selalu dijaga karena tantangan ke depan tidak mudah.

"Salah satunya adalah bidang pendidikan, yakni agar para siswa bisa melanjutkan ke perguruan tinggi serta juga bisa terserap dunia kerja," tutur Aries.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat peringatan Hari Jadi Ke-78 Provinsi Jatim di Gedung Negara Grahadi Surabaya, menjelaskan, di bidang pendidikan, Provinsi Jatim tercatat yang paling banyak se- Indonesia mengantarkan siswa-siswi-nya diterima di perguruan tinggi negeri tanpa tes selama empat tahun terakhir berturut-turut.

Bagi Khofifah, keberhasilan pendidikan menjadi kunci dalam mengurangi ketimpangan sosial. 

"Pendidikan menjaga keseimbangan antara perkotaan dan perdesaan," ujarnya. 

Menurutnya, keberhasilan di bidang pendidikan turut mendorong kemajuan desa mandiri di berbagai kabupaten/ kota wilayah Jatim. (*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Chandra Hamdani Noor


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023