Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berziarah ke makam presiden pertama Republik Indonesia Soekarno atau Bung Karno di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Rabu, menjelang peringatan hari ulang tahun ke-78 Provinsi Jawa Timur.

Bupati Blitar Rini Syarifah, Wali Kota Blitar Santoso, serta jajaran aparat pemerintah daerah mendampingi Gubernur berziarah di pusara Bung Karno.

Sebelum menaburkan bunga ke makam, Gubernur mengajak semua yang ikut berziarah untuk mengheningkan cipta dan mengirim doa untuk Bung Karno.

Khofifah pada saat berziarah mengutip semboyan yang disampaikan oleh Bung Karno dalam pidato pada Hari Ulang Tahun Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1966.

"Bung Karno seringkali mengingatkan 'Jasmerah' (Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah). Ini penting untuk kita pedomani. Jangan sampai melupakan sejarah perjuangan dan pengorbanan para pahlawan dan termasuk bagaimana bisa meraih kemerdekaan Republik Indonesia," katanya.

Baca juga: Pemprov Jatim asesmen pemulihan Gunung Lawu usai terbakar

"Kita harus isi kemerdekaan ini dengan sesuatu yang produktif dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, bangsa, dan negara. Karena dengan begitu Indonesia bisa hadir memberikan warna kepada bangsa-bangsa di dunia tentang kemanusiaan, perdamaian, dan kemerdekaan sebuah bangsa," kata dia.

Gubernur juga menyampaikan teladan dari Bung Karno dalam upaya mewujudkan perdamaian.

"Bagaimana teladan perjuangan Bung Karno mengajak seluruh dunia untuk memberikan pengakuan kemerdekaan terhadap Palestina. Hari ini rasanya memori kita dipanggil oleh Sang Proklamator untuk memberikan penguatan kemanusiaan, perdamaian, dan kemerdekaan sebuah bangsa," katanya.

Usai berziarah, Gubernur memberikan tali asih kepada juru kunci makam Bung Karno, Juni Purnomo dan Eko Budi Santoso, serta delapan petugas kebersihan makam.

Selain itu, dia menyerahkan 400 paket bahan pokok untuk dibagikan kepada warga sekitar, termasuk pedagang dan tukang becak.

Warga antusias menyambut kedatangan Gubernur Khofifah. Mereka berebut untuk menyapa, bersalaman, dan berfoto bersama Gubernur.

Sebagai bagian dari tradisi menyambut Hari Jadi Provinsi Jawa Timur, Khofifah juga telah berziarah ke makam gubernur pertama Jawa Timur Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023