Pengelola Geopark (Taman Bumi) Meratus di Kalimantan Selatan membidik wisatawan asal Jawa Timur salah satunya dengan menggelar pameran di salah satu pusat perbelanjaan di Surabaya pada 6-8 Oktober 2023.

Ketua Harian Badan Pengelola Geopark Meratus Hanifah Dwi Nirwana di Surabaya, Sabtu, mengatakan ada banyak kemudahan yang diberikan kepada wisatawan yang akan berkunjung ke tempat wisata tersebut.

"Terdapat empat rute yang bisa diakses oleh wisatawan mulai dari Utara, Barat, Timur dan juga Selatan. Setiap rute memiliki belasan situs dengan keunikan dan keistimewaan sendiri-sendiri," ujarnya.

Ia mengatakan, salah satunya susur Sungai Barito dimana wisatawan bisa melihat pasar apung yang menjadi salah satu andalan dunia pariwisata.

"Ada juga situs budaya Dayak yang menggambarkan jiwa Borneo," tuturnya.

Di rute yang lainnya juga melihat pengalaman mengunjungi hutan hujan tropis dimana saking lebatnya vegetasi wisatawan akan berjalan di atas lumut.

"Dalam perjalanan, kita bisa lihat bagaimana orang menambang intan, menggosok intan. Ini sangat menarik pagi wisatawan," ujarnya.

CEO Shafwah Group Muhammad Helmi pada kesempatan itu mengatakan ada banyak paket yang ditawarkan bagi masyarakat Jatim yang akan berkunjung ke Kalimantan Selatan.

"Kami mengoneksikan jaringan penerbangan dan perhotelan. Membuat dan membangun jaringan dengan pelaku wisata," ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga menggerakkan gerakkan masyarakat destinasi wisata, seperti membuat paket pariwisata pelanggan.

"Membuat paket wisata khusus berdasarkan rute Goepark Meratus, membuat pelatihan kompetensi tour leader, kompetensi hospitality, membuat program public speaking serta membuat dan menerbitkan sertifikasi," ucapnya.

Ia mengatakan, pihaknya juga melakukan pengembangan destinasi wisata, investasi, dalam rangka membangkitkan pemberdayaan masyarakat dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

"Langkah strategis yang kami lakukan yaitu pembinaan kepada masyarakat supaya lebih berdaya," ujarnya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023