Bakal Calon Presiden RI Ganjar Pranowo bersama para ulama dan ratusan santri mengadakan Shalat Istisqa atau meminta hujan saat kemarau panjang di lapangan Ponpes Al Ittihad Cianjur, Jawa Barat, Kamis.

"Problem di sana yang sangat serius yakni air. Hampir di semua daerah sepertinya sama, karena kita sedang mengalami situasi kemarau panjang," kata Ganjar dalam keterangan tertulisnya di Surabaya, Kamis.

Saat di Ponpes Al Ittihad, Ganjar berdialog dan membahas sejumlah isu aktual saat ini dengan sejumlah ulama seperti Rais Syuriah PCNU Cianjur, K.H. Kamali Andul Ghani, Katib Syuriah PCNU Cianjur K.H. Pipin S Aripin, K.H. Deden Usman, K.H. Tajul Arifin, K.H. Ade Ismail, K.H. Aang Fauzi, ibu nyai, serta pengasuh pondok pesantren lainnya.

Saat berdialog, Ganjar bercerita dirinya sempat berkunjung dan menginap di rumah warga di Desa Tegallega, Kecamatan Warung Kondang, Kabupaten Cianjur. Di sana, Ganjar bertemu dengan sejumlah petani teh yang mengeluhkan kekeringan.

Baca juga: Ganjar terima masukan untuk memajukan seni budaya Indonesia

Ganjar mendapatkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bahwa musim kemarau masih panjang dan diprediksi hujan baru akan turun pada akhir Oktober atau awal November.

"Jadi problem kekeringan itulah yang kini menjadi perhatian kami. Perubahan iklim terjadi dan semua harus menjaga lingkungan dengan baik," ucapnya.

Menanggapi hal itu, salah satu ulama khos Cianjur, K.H. Tajul Arifin mengusulkan agar dilaksanakan Shalat Istisqa. Ia mengajak Ganjar dan para ulama lainnya untuk melaksanakan Shalat Istisqa.

"Alangkah baiknya pertemuan ini kita gunakan untuk bersama-sama Shalat Istisqa, bermunajat kepada Allah dan berdoa mudah-mudahan diberi rahmat berupa hujan," ucapnya.

Ganjar dan para ulama langsung sepakat dengan usulan itu. Usai berdiskusi dan Shalat Dhuhur, mereka langsung melaksanakan Shalat Istisqa di lapangan Ponpes Al Ittihad.

Bertindak sebagai imam pada kesempatan itu adalah Katib Syuriah PCNU Cianjur, K.H. Pipin S Aripin. Dalam khotbahnya, K.H. Pipin mengajak semua masyarakat Indonesia berdoa agar Allah memberikan hujan yang penuh berkah.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ganjar dan Ulama gelar Shalat Istisqa di Ponpes Al Ittihad Cianjur

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023