Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo gencar menyosialisasi pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 kepada pemilih pemula di sejumlah sekolah di wilayah setempat.

Anggota KPU Kabupaten Sidoarjo Fauzan Adim di Sidoarjo, Jumat, mengatakan bahwa pihaknya melalui kegiatan tersebut ingin memberikan pemahaman kepada pemilih pemula supaya bisa menggunakan hak pilih mereka saat pelaksanaan pemilihan umum.

Fauzan menuturkan bahwa pihaknya ingin mengenalkan kepada siswa/siswi tentang pemilu dan demokrasi.

"Pandangan terhadap pemilu dapat berbeda-beda tergantung pada perspektif apakah menggunakan perspektif positif atau negatif," ujarnya.

Selain itu, dijelaskan pula soal bahaya praktik politik uang dengan harapan hal tersebut dapat dihilangkan di kalangan generasi yang akan datang.

"Kami berharap sosialisasi ini dapat bermanfaat secara langsung maupun tidak langsung," ucapnya.

Ia mengemukakan bahwa pihaknya memberikan pengetahuan seputar demokrasi dan pemilu serta mengenalkan para siswa pada aspek-aspek kepemiluan, khususnya agenda Pemilu Serentak 2024.

Pemilu yang dijadwalkan pada hari Rabu, 14 Februari 2024, akan memilih pasangan calon presiden/wakil presiden serta calon anggota DPR RI, calon anggota DPD RI, calon anggota DPRD provinsi, dan calon anggota DPRD kabupaten/kota.

Sesuai dengan jadwal KPU, pendaftaran bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden mulai 19 Oktober 2023 hingga 25 November 2023.

Dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu) disebutkan bahwa pasangan calon presiden/wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini ada 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden/wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Bisa juga pasangan calon diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023