Wali Kota Madiun Maidi mengajak bakal calon legislatif (caleg) di daerah setempat untuk mewujudkan gelaran Pemilu 2024 yang aman dan damai untuk menjaga Kota Madiun yang kondusif.

"Sebentar lagi Pemilu 2024. Masyarakat sangat antusias menyambutnya, demikian juga dengan para caleg-nya," ujar Wali Kota Maidi dalam kegiatan penyuluhan Pemilihan Umum (Pemilu) kepada masyarakat di kantor Kecamatan Kartoharjo, Jumat.

Dalam kegiatan yang digelar oleh Bakesbangpol Kota Madiun tersebut, Maidi meminta para caleg yang ikut kontestasi mempersiapkan diri atas segala keputusan dari hasil pemilu nanti.

"Karena tidak mungkin semuanya jadi. Kursi anggota DPRD hanya 30 kursi. Akan ada yang menang dan kalah. Maka harus dipersiapkan," kata dia.

Untuk itu, Wali Kota Maidi berpesan kepada caleg untuk aktif terjun ke masyarakat. Baik dengan mengikuti kegiatan warga maupun memberikan sosialisasi terkait program dan kegiatan yang akan dilakukan jika terpilih nanti.

"Kalau programnya menarik, Insya Allah warga akan memilih," imbuhnya.

Wali Kota juga berharap agar pesta demokrasi pada Februari nanti dapat berjalan lancar. Sehingga, masyarakat tetap aman, nyaman, rukun, dan damai.

"Tetap menjaga persatuan dan kesatuan, baik tingkat kelurahan, kecamatan, kota, hingga nasional. Guyub rukun warga semua," harapnya.

Ketua KPU Kota Madiun Wisnu Wardhana menyatakan bagi caleg yang memerlukan informasi seputar Pemilu 2024, maka dapat datang ke pusat pelayanan yang disediakan KPU.

"Kami buka layanan seputar pemilu. Silakan kalau ada yang ingin diketahui. Baik seputar rekapitulasi atau hal-hal yang berkaitan dengan Pemilu," kata Wisnu.

Wisnu juga mengajak para caleg untuk mewujudkan pemilu damai.

"Ini harus dipahami oleh caleg agar dalam berkontestasi dilakukan secara 'fair' dan transparan serta menyadari bahwa pemilu itu adalah sebagai sarana integrasi bangsa," tuturnya.

Sesuai data, Pemilu 2024 di Kota Madiun akan diikuti 338 calon anggota legislatif yang telah ditetapkan sebagai daftar caleg sementara oleh KPU setempat.

Kegiatan penyuluhan pemilu tersebut dihadiri oleh para calon legislatif Kota Madiun yang akan berkompetisi memperebutkan kursi DPRD Februari 2024, serta Wali Kota Madiun Maidi dan Ketua KPU Kota Madiun Wisnu Wardhana sebagai narasumber.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023