Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Madiun, Jawa Timur, menggelar sosialisasi dan pendidikan pemilih di tiga tempat umum di wilayah setempat guna kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024.

Anggota Komisioner KPU Kota Madiun Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih (sosdiklih), Parmas, dan SDM Dayat mengatakan kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari Kirab Pemilu 2024. Tiga tempat umum yang disasar adalah Bundaran Taman, "Sunday Market" di taman bantaran lalu lintas Kota Madiun, dan Pasar Sri Jaya Kota Madiun, yang mewakili wilayah kecamatan masing-masing.

"Tiga titik pusat keramaian tersebut dipilih untuk memudahkan sarana sosialisasi Pemilu 2024, sehingga partisipasi pemilu pada 14 Februari 2024 meningkat," ujar Dayat di Madiun, Selasa.

Untuk menarik minat masyarakat, sosialisasi KPU dilakukan dengan berbagai kegiatan dan hiburan, seperti arakan-arakan Kirab Pemilu 2024, senam bersama, hiburan musik, kesenian angklung, reog, kuis pemilu, hingga aneka hiburan berhadiah.

"Kegiatan kirab kali ini melibatkan ketua, anggota, dan sekretariat KPU Kota Madiun, serta PPS dan PPK se-Kota Madiun. Serta sasaran masyarakat di lokasi tersebut sekitar 3.000 orang," katanya.

Masyarakat Kota Madiun sangat antusias mendapatkan sosialisasi tentang pendidikan pemilih Pemilu 2024 tersebut. Dengan sosialisasi tersebut diharapkan kesadaran masyarakat untuk datang ke TPS dan menyalurkan hak suaranya pada 14 Februari 2024 dapat meningkat.

Pihak KPU juga mengingatkan masyarakat pentingnya menjadi pemilih cerdas dalam menentukan kesuksesan Pemilu 2024 dan perlunya sadar pemilu dengan mengecek data diri ke "Cek DPT Online" untuk memastikan telah masuk ke dalam daftar pemilih tetap (DPT).

Adapun, DPT Kota Madiun untuk Pemilu 2024 mencapai sebanyak 153.880 orang pemilih dengan jumlah laki-laki sebanyak 74.743 orang dan perempuan 79.137 orang.

Sementara, Kirab Pemilu 2024 di Kota Madiun akan berlangsung pada tanggal 21-28 September 2023. Setelah dari Kota Madiun, Kirab Pemilu 2024 akan menuju ke Kabupaten Ngawi. Sebelumnya, Kirab Pemilu 2024 berada di Kabupaten Madiun.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023