Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang mengundang perwakilan partai politik peserta pemilu menjelang pencermatan daftar calon tetap (DCT) anggota legislatif DPRD Lumajang pada Pemilu 2024.

"Tahapan Pencermatan DCT akan berlangsung selama sepuluh hari yakni mulai tanggal 24 September hingga 3 Oktober 2023," kata Komisioner KPU Lumajang Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Sohudi pada kegiatan yang dihadiri penghubung parpol (LO) dan operator parpol peserta Pemilu 2024 di Ruang Pertemuan Kantor KPU Kabupaten Lumajang, Sabtu.

Ia berharap, partai politik peserta Pemilu 2024 hendaknya mulai mempersiapkan diri terkait tahapan pencermatan DCT yang dilaksanakan KPU Lumajang.

"Saya berharap agar pelaksanaan tahapan DCT bisa berlangsung dengan baik dan lancar sebagaimana halnya tahapan DCS calon anggota DPRD Lumajang," ujarnya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Lumajang Lutfiati mengimbau agar tahapan pencermatan DCT dilakukan secermat mungkin sesuai dengan peraturan KPU yang berlaku.

"Saya mengimbau tahapan itu dilakukan secermat mungkin sesuai dengan peraturan KPU dan beberapa hal yang terkait dengan sistem informasi pencalonan (silon) parpol bisa berkoordinasi dengan KPU," tuturnya.

Dari 205 desa yang tersebar di 21 kecamatan di Lumajang tercatat daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilu 2024 sebanyak 837.666 pemilih dengan rincian pemilih perempuan 427.559 orang dan pemilih laki-laki 410.107 orang.

Kemudian jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Lumajang sebanyak 3.322 TPS dengan rincian sebanyak 3. 308 TPS regular dan 14 TPS lokasi khusus.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023