Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan pembangunan gedung Plaza Airlangga di lingkungan Kampus C Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. 

"Proses pembangunan Plaza Airlangga merupakan wujud kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Jatim dan Unair," katanya melalui keterangan tertulis di Surabaya, Sabtu.

Di kawasan Kampus C Unair Surabaya, Plaza Airlangga dibangun di lahan seluas 3.300 meter persegi. 
Dirancang setinggi 5 lantai, dengan luas bangunan 5.530 meter persegi. Total anggaran yang dialokasikan sebesar Rp38,9 Milyar.

Pembangunan fisik Plaza Airlangga telah dimulai sejak 17 Juli lalu. Ditargetkan rampung pada 31 Desember 2023. 

Progresnya saat ini lantai 1 hingga 3 sudah dalam proses pembangunan konstruksi. Sedangkan lantai 4 dan 5 sedang dibangun strukturnya.

Gubernur Khofifah menjelaskan Plaza Airlangga nantinya bisa menjadi pusat kegiatan bagi kalangan pemerintah, sivitas akademika Unair dan alumni, komunitas, swasta dan media. 

"Berawal dari buah pikiran untuk membangun ruang silaturahim. Sebab peran Unair dibutuhkan tidak hanya sebagai referensi intelektual tapi juga psikososial. Sehingga pembangunan infrastruktur perlu dipertimbangkan dampaknya kepada masyarakat luas," ujarnya.

Khofifah menandaskan beberapa lantai di Plaza Airlangga nantinya akan berfungsi sebagai kantor layanan dan pusat kegiatan alumni.

Selain itu menjadi unit-unit usaha untuk membangun kemandirian organisasi alumni Unair. Juga disediakan ruang promosi bagi produk karya civitas akademika Unair.

"Bagi almamater Unair maupun masyarakat umum bisa mendapatkan manfaat berupa pendapatan lewat kolaborasi dengan startup. Prosesnya bisa dengan sistemik, komprehensif dan branding," ucapnya.
 
Gubernur Khofifah menilai hadirnya Plaza Airlangga selaras dengan program Jatim Berdaya dalam Nawa Bhakti Satya. Yaitu mengembangkan program-program ekonomi kerakyatan berbasis UMKM. 

"Artinya Unair kini tak hanya berkontribusi di bidang edukasi dan pembangunan sumber daya manusia, namun juga penguatan ekonomi kerakyatan," tuturnya.

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023