Lembaga survei Surabaya Research Syndicate (SRS) menyebut kebanyakan warga Jawa Timur (Jatim) menginginkan Sandiaga Uno sebagai bakal Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang ideal untuk Ganjar Pranowo. 

"Warga Jatim lebih memilih Sandiaga dibanding nama lain untuk mendampingi Ganjar Pranowo," kata Peneliti Senior SRS Edwin Abdul saat memaparkan hasil survei di Surabaya, Jumat.

Survei SRS dilakukan pada 3 - 12 September 2023 di 38 kabupaten/kota wilayah Jatim, dengan jumlah responden sebanyak 1.000 orang.

Metode penarikan sampel dilakukan dengan multistage random sampling dengan margin of error sebesar 3,1 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Responden yang dipilih terdiri 50 persen laki-laki dan 50 persen perempuan dengan quality control secara random 20 persen. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara melalui telepon.

Hasilnya sebanyak 19,4 persen responden warga Jatim memilih Sandiaga sebagai cawapres Ganjar. Kemudian 15,6 persen memilih Ridwan Kamil sebagai cawapres Ganjar.

Lalu 12,1 persen memilih Erick Thohir dan 10,1 persen Khofifah Indar Parawansa. 

Selain itu 7,6 persen memilih Yenny Wahid, 7,1 persen AHY, 6,9 persen Andika Perkasa, 4,2 persen Puan Maharani dan 4,1 persen Basuki Hadi Mulyo. 

Edwin menandaskan 12,9 persen responden belum menentukan pilihan cawapres untuk Ganjar. 

Namun menurutnya dari hasil survei tersebut, Sandiaga merupakan Cawapres paling potensial untuk Ganjar Pranowo.

"Sandiaga sudah memiliki popularitas di Jatim. Popularitas itu merupakan tabungan Sandiaga saat Pilpres 2019 lalu ketika menjadi Cawapres Prabowo. Maka yang paling kompetitif untuk Ganjar menurut warga Jatim ya cawapresnya harus Sandiaga," tutur Edwin.

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023