Pelatih carteker Persebaya Surabaya Uston Nawawi menyebut dirinya sudah berkomunikasi dengan Josep Gombau terkait kondisi tim saat ini menjelang pertandingan melawan Madura United.
 
"Komunikasi kami cukup baik, tadi sebelum latihan dan saat latihan, kami juga welcome sama coach Josep, jadi tidak ada masalah," ucapnya usai memimpin latihan timnya di Stadion Gelora 10 November, Surabaya, Kamis.
 
Namun, lanjutnya, pelatih asal Spanyol tersebut belum mengetahui secara detail bagaimana kondisi para penggawa Persebaya.
 
"Kondisinya coach Josep baru datang, jadi dia masih observasi," ucapnya.
 
Menurut dia, mantan pelatih Odisha FC itu sudah banyak memberi masukan untuk tim. "Banyak masukan-nya tapi tidak bisa saya ungkapkan di sini," tuturnya.
 
Selain itu, dirinya meyakini bahwa tren positif yang saat ini dimiliki timnya tetap terjaga meskipun ada pelatih kepala baru. "Semua harus positif, kan tujuannya untuk Persebaya," ucapnya
 
Saat ditanya terkait statusnya, pelatih asal Sidoarjo tersebut mengatakan untuk menunggu keputusan dari manajemen Persebaya.
 
"Akan ada pertemuan manajemen dan tim pelatih untuk detail-nya dan akan dijelaskan," katanya.

Baca juga: Liga 1: Tanpa kekalahan, Uston anggap sudah laksanakan tugas dengan baik

Baca juga: Liga 1: Uston yakin pelatih baru Persebaya lanjutkan tren positif
 
Sementara itu, pemain asing Persebaya Song Ui-Young mengatakan senang bisa bertemu dengan pelatih baru dan sudah sedikit berdiskusi dengan Josep Gombau.
 
"Pastinya senang bertemu dengan Coach Josep dan ini baru ketemu, tapi kami sudah berdiskusi sedikit tadi," ucapnya.
 
Oleh karena itu, dirinya berharap agar ke depannya bisa bekerja sama dengan Josep Gombau untuk mencapai target di kompetisi Liga 1 Indonesia.
 
"Harapannya bisa bekerja sama untuk mengarungi kompetisi ini untuk mencapai target yang diberikan manajemen," ujarnya.
 
Hingga saat ini, menurut situs data sepak bola Transfermarkt, pemilik nama lengkap Josep Gombau Balague saat ini statusnya tanpa klub.
 
Namun, dipantau dari sosial media resmi klub, Josep Gombau telah dikenalkan sebagai pelatih kepala baru sekaligus sebagai direktur teknik Persebaya.
 
"Itu sejalan dengan rencana Persebaya mengembangkan sistem akademi, departemen analis serta struktur kepelatihan," tulis akun @officialpersebaya yang diunggah sekitar pukul 16.00 WIB.
 
Selain itu, pelatih kelahiran Juni 1976 tersebut, sudah memiliki lisensi UEFA Pro. Klub terakhir yang dia latih ialah Odisha FC asal Liga Super India.
 
Pelatih yang dinaungi agen DV7 Management tersebut pernah melatih Espanyol dari junior, scout hingga direktur teknis.
 
Selanjutnya, dia ke Barcelona sebagai pemandu bakat pemain muda dan asisten pelatih.
 
Selain itu, dirinya juga pernah melatih di Timnas Australia di kategori U-24 bahkan senior.
 
Klub lainnya yang pernah ia latih adalah Kitchee SC (Hong Kong), Adelaide United FC (A-Leauge Australia), WS Wanderers FC (A-Leauge Australia), Queensboro FC (USL, Amerika Serikat) dan Odisha FC (Liga Super India).(*)

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Chandra Hamdani Noor


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023