Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyebut inovasi yang gencar dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) setempat mendongkrak jumlah pengunjung. 

Inovasi yang sudah berjalan antara lain Program Bahas Apa Saja (BAHASA), yaitu kegiatan literasi informasi secara daring untuk menjawab pertanyaan masyarakat dalam berbagai topik dengan berkolaborasi bersama narasumber yang kompeten dalam bidangnya.

"Ada pula Seneng Sinau Literasi atau SENSASI, yaitu kegiatan bimbingan teknis secara daring dalam bidang kepustakawanan untuk pustakawan SD, SMP, SMA dan Pondok Pesantren," katanya saat peringatan Hari Kunjung Perpustakaan di Surabaya, Kamis.
 
Selain itu Wisata Arsip Anak Sekolah (WARAS), yaitu kegiatan wisata arsip dan sejarah bagi murid sekolah untuk mengenalkan arsip sebagai memori kolektif  bangsa, dan berbagai inovasi lainnya.

Berbagai inovasi yang dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jatim berdampak pada peningkatan jumlah pengunjung. Terdata sebanyak 204.931 pengunjung di tahun 2021. Kemudian meningkat menjadi 223.991 pengunjung di tahun 2022. Sementara tercatat sebanyak 172.873 pengunjung pada periode Januari - Agustus 2023. 

Khofifah mengungkapkan seiring dengan naiknya kunjungan ke perpustakaan daerah Jatim, tingkat literasi masyarakat mengalami tren positif. 

Data Perpustakaan Nasional (Perpusnas) mencatat Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) di Jatim terus meningkat. Pada tahun 2021 sebesar 14,78. Pada tahun 2022 meningkat menjadi sebesar 15,69.

"Tingkat Gemar Membaca di Jatim juga mengalami tren naik. Pada tahun 2022 mencapai 68,54, meningkat dibanding tahun 2021 yang tercatat 64,20, di atas nasional yakni 63,96," ujarnya.

Lebih lanjut, Gubernur Khofifah menekankan agar masyarakat membaca dari sumber terpercaya untuk memerangi berita hoaks di tengah derasnya arus informasi yang beredar di media sosial.

"Perpustakaan adalah rumah literasi bagi masyarakat mengenai informasi, utamanya untuk menangkal hoaks yang kini mudah merebak di masyarakat. Sekali lagi, mari kita biasakan gemar membaca dengan mengunjungi perpustakaan yang ada di sekitar kita," tuturnya.
 

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023