Pemerintah Kota Kediri menyurvei warga penerima bantuan modal tahap kedua bersumber dari dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCT) dengan harapan UMKM semakin tumbuh.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Kediri Wahyu Kusuma menurunkan tiga surveyor yang bertugas melakukan survei calon penerima bantuan di setiap kecamatan.

"Ini kami libatkan tiga surveyor. Mereka turun lapangan untuk keperluan survei penerima bantuan modal tahap kedua," katanya di Kediri, Rabu.

Ia mengemukakan seiring dengan pertambahan alokasi anggaran pada tahun ini juga berdampak terhadap penambahan target penerima bantuan dari sebelumnya 6.666 menjadi 10.548 penerima.

"Pada survei sebelumnya terhadap 11.473 orang didapatkan 10.150 orang yang memenuhi syarat. Untuk memenuhi target 10.548 maka dilakukan survei tambahan terhadap 450 orang pendaftar," ujar dia.

Ia mengatakan petugas telah mengirimkan pesan pemberitahuan kepada pendaftar melalui WhatsApp dan kelurahan masing-masing sebelum dilakukan survei tahap kedua. Hal ini dilakukan guna menciptakan transparansi terhadap program tersebut.

Masyarakat juga dapat memantau secara langsung daftar nama sasaran yang terdaftar pada survei tahap kedua pada laman bit.ly/surveitambahantahap2.

Wahyu mengatakan proses survei tahap kedua sama dengan tahap pertama, yakni dengan mengecek kebenaran isi formulir pendaftaran, mengecek dokumen identitas dan legalitas usaha, serta mengecek kegiatan usaha yang didaftarkan.

"Pendaftar yang masuk survei tambahan tahap kedua harap bekerja sama dan menyiapkan berkas pendaftaran. Sebelum menjawab pertanyaan surveyor, mohon minta tanda pengenal dan surat tugas surveyor, menjawab pertanyaan sesuai kondisi sebenarnya dan minta surveyor menempelkan stiker serta tidak memberikan barang/hadiah apapun kepada surveyor," kata dia.

Dirinya berharap, realisasi program pemberian bantuan modal Tahun 2023 bisa tercapai, sehingga bisa membantu pelaku usaha meningkatkan omzet dan memperluas pasar.

Penyaluran bantuan modal DBHCHT Tahun 2023 tahap pertama telah selesai. Pada tahap pertama penerima bantuan modal 6.666 orang.

Setiap penerima bantuan modal usaha yang bersumber dari DBHCT itu mendapatkan uang senilai Rp2,4 juta yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung usahanya.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023