Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Biro Jawa Timur menjajaki kerja sama pemberitaan terkait pengembangan desa.
 
"Ada ribuan desa, pasti setiap hari ada berita," kata Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar saat menerima kunjungan Pimpinan Perum LKBN ANTARA Biro Jawa Timur di Jakarta, Senin.
 
Nantinya, kata Mendes PDTT, para pendamping desa menjadi "kontributor" yang mengirim berita pengembangan desa ke LKBN ANTARA.
 
"Jadi ini untuk peningkatan ekonomi desa. Bagaimana ANTARA memberitakan desa wisata. Bukan promosi, tapi pemberitaan," ujar Gus Halim, sapaan akrabnya.
 
Sementara itu, Kepala LKBN ANTARA Biro Jatim Rachmat Hidayat menyambut baik ajakan tersebut.
 
Menurut Dayat, sapaannya, di ANTARA memang ada pemberitaan tentang desa, baik dari segi kondisi wisata hingga perekonomian setempat.
 
"Sangat bisa. Sangat memungkinkan ANTARA jadi saluran distribusi informasi untuk desa," ujar Dayat.
 
Dayat mengusulkan program tersebut bernama "Suara Desa", yang nantinya di LKBN ANTARA, khususnya Biro Jatim, akan ada halaman khusus seputar desa.
 
"Beritanya juga bisa dari pendamping desa. Kami juga memberi perhatian khusus ke kegiatan BumDes sehingga bisa mengangkat pemberitaan, tapi juga produknya," tutur dia.

Sementara itu, dalam kunjungan ke kantor Kementerian Desa PDTT, Rachmat Hidayat didampingi Asmen Pemberitaan ANTARA Jatim Fiqih Arfani dan Asmen Komersil Abdul Malik Ibrahim.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023