Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek RI) telah menyetujui izin pengajuan perubahan bentuk perguruan tinggi Institut Teknologi & Sains Nahdlatul Ulama (ITSNU) Pasuruan menjadi universitas melalui Keputusan Menteri Nomor 694/E/O/2023 tertanggal 28 Agustus 2023.

Selanjutnya, kementerian mewajibkan UNU Pasuruan untuk memenuhi standar nasional pendidikan tinggi, melakukan penjaminan mutu internal melalui Badan Akreditas Nasional (BANPT) serta melaporkan hasil penyelenggaraan program studi kepada Menteri.

Rektor ITSNU Pasuruan Abu Amar Bustomi dalam keterangannya yang diterima di Surabaya, Sabtu, mengatakan dengan ijin tersebut ITSNU Pasuruan, resmi menjadi Universitas Nahdlatul Ulama atau UNU Pasuruan.

Hadirnya UNU Pasuruan, kata dia, menambah keberadaan lembaga pendidikan tinggi berbentuk universitas yang diselenggarakan dan dimiliki secara organisasi oleh Perkumpulan Nahdlatul Ulama.

"UNU Pasuruan juga atas dukungan penuh dari PBNU, PB LPTNU, PCNU Kabupaten Pasuruan, BPP ITSNU Pasuruan, Ketua STAI Salahuddin Pasuruan, Civitas akademika UNU Pasuruan dan seluruh mitra lainnya yang secara konsisten ikut terlibat dalam perubahan bentuk ITSNU Pasuruan menjadi UNU Pasuruan," ujarnya.

Bustomi menilai, perubahan tersebut diharapkan akan menambah kualitas pendidikan tinggi Nahdlatul Ulama dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) pesantren.

"Hadirnya UNU Pasuruan diharapkan menjadi semangat peningkatan mutu pendidikan tinggi Nahdlatul Ulama khususnya di Pasuruan menjadi pintu kolaborasi segitiga emas pendidikan tinggi, pesantren salaf dan dunia usaha di Pasuruan dan sekitarnya dibawah naungan PCNU Kabupaten Pasuruan dan BPP ITSNU Pasuruan," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan, KH. Imron Mutamakkin menyatakan bahagia dan rasa syukurnya atas perubahan ITSNU menjadi UNU Pasuruan.

Gus Ipong, sapaan akrabnya, mengakui UNU dan Rumah Sakit NU adalah dua dari lima program prioritas PCNU Kabupaten Pasuruan yang menjadi mandat Konferensi Cabang 2016 dan 2021. 

“UNU Pasuruan sudah terwujud, tinggal satu lagi, mohon doanya untuk pendirian RSNU Pasuruan yang sudah dalam tahapan pembangunan infrastruktur, pembentukan manajemen dan pengurusan perijinan sebagai Rumah Sakit Tipe C,” ujarnya.

Perlu diketahui, UNU Pasuruan menyelenggarakan tujuh program studi Strata Satu, yakni Desain Komunikasi Visual, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Matematika, Teknik Kimia, Teknik Industri dan Teknik Pengolahan Hasil Pertanian.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023