Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, memfasilitasi kelompok petani tembakau bertemu langsung dengan sejumlah pembeli dan investor sebagai upaya memperluas pemasaran serta meningkatkan pendapatan petani. 

"Tembakau jenis kasturi atau krosok di sini kualitasnya bagus, hanya perlu pemasarannya masih terbatas, oleh karena itu kami mengajak langsung pembeli bertemu dengan petani," kata Bupati Situbondo Karna Suswandi saat kunjungan lapang panen tembakau di Desa Curahtatal, Kecamatan Arjasa, Situbondo, Jawa Timur, Sabtu.

Menurutnya, pengusaha sekaligus aktor Jeremy Thomas bersama rekannya sangat memungkinkan untuk berinvestasi di sektor pertanian tanaman tembakau mengingat kualitas tembakau tidak diragukan lagi, karena hasil panen tembakau Situbondo selama ini dikirim ke beberapa gudang tembakau ternama.

"Jika sudah ada investor tembakau maka kami akan menjamin kualitas tembakau akan terjaga, meskipun permintaan terus meningkat," kata Bung Karna, sapaan Bupati Situbondo Karna Suswandi.

Mengenai produktivitas tembakau di Situbondo, kata bupati, tidak perlu diragukan karena berlebih, tinggal bagaimana menjaga kualitas tembakau perlu dijaga dan pemkab setempat akan terus memberikan pendampingan dan pembinaan, sehingga harga dan kualitas tembakau bisa bersaing bukan hanya di tingkat kabupaten atau nasional, tapi juga internasional.

"Tahun ini Situbondo juga akan mengikuti pameran tembakau Asia, mudah-mudahan membawa nama baik. Di Situbondo ada dua tembakau yang sudah dikenal, yakni tembakau Kayumas (Kecamatan Arjasa) dan tembakau tambeng (Kecamatan Banyuglugur)," katanya.

Jeremy Thomas mengatakan bahwa kedatangannya ke Situbondo ingin melihat langsung tanaman tembakau yang saat ini sudah mulai memasuki masa panen.

"Jadi kami bukan hanya investor yang datang melihat kesempatan lalu menanamkan modal, tidak. Tapi kami juga melihat bagaimana supaya mendorong orang yang bekerja itu sifatnya berkolaborasi dan bermitra dengan baik bukan hanya datang menanamkan investasi mengambil keuntungan, saya rasa itu mungkin metode yang sudah lama tapi sebagai orang Indonesia kami ingin melihat bagaimana supaya kita sesama orang Indonesia bisa saling bahu-membahu untuk menghasilkan," katanya.

Dari pantauan, Bupati Karna Suswandi mengajak pengusaha  bersama pembeli tembakau melihat langsung ke lokasi tanaman tembakau yang saat ini sudah memasuki masa panen, termasuk gudang pengeringan tembakau.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023