Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, menerjunkan sebanyak 94 atlet dari 19 cabang olahraga untuk berlaga pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim VIII tahun 2023.

Cabang olahraga yang diikuti untuk porprov tahun ini yaitu aeromodelling, anggar, angkat berat, atletik, binaraga, voli indoor, panahan, senam, catur, balap sepeda, woodball, sepak takraw, e-sport, petanque, tenis lapangan, taekwondo, tenis meja, pencak silat dan paralayang.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Situbondo Deny Wahyu Pribadi menyebutkan sebanyak 94 atlet yang akan berlaga pada ajang Porprov Jatim VIII di empat kota/kabupaten, yakni Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto, Kabupaten Sidoarjo, dan Kabupaten Jombang.

"Pada porprov sebelumnya kami mengirimkan 200 atlet dan pelatih. Tahun ini jumlahnya berkurang menjadi 120 orang," kata Deny usai pelepasan atlet Porprov Jatim VIII 2023 di Pendopo Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Jumat.

Selain atlet, ada 26 pelatih dan 30 pengurus KONI yang ikut serta dalam kontingen ini. Sehingga total kontingen Situbondo pada Porprov VIII yang dilepas sebanyak 150 orang.
Ketua KONI Situbondo Deny Wahyu Pribadi sambutan di acara pelepasan atlet Porprov Jatim VIII 2023 di Pendopo Kabupaten Situbondo. Jumat (1/9/202) ANTARA/Novi Husdinariyanto


"Meskipun jumlah atlet berkurang, kami tetap optimis mampu membawa pulang medali, minimal sama dengan tahun kemarin," katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Situbondo Nyai Khoirani secara simbolis melepas kontingen yang akan berlaga pada ajang Pekan Olahraga Provinsi atau Porprov Jatim VIII.

"Kuatkan mental, jaga kesehatan. Kalian yang terbaik," ujarnya.

Wabup Khoirani berpesan kepada para pelatih untuk memberikan perhatian penuh terhadap para atlet, terutama kesehatan atlet. Karena kemenangan bisa diraih jika kesehatan atlet prima dan mental terjaga.

Dia berharap perolehan medali emas, perak maupun perunggu harus lebih banyak dibandingkan tahun kemarin, meskipun jumlah atlet yang berlaga pada Porprov Jatim VIII lebih sedikit jumlahnya.

"Saya berharap dan mendoakan, perolehan medali lebih banyak dibandingkan tahun kemarin," kata Wabup Khoirani.

KONI Situbondo mencatat pada Porprov Jatim VII yang digelar pada tahun lalu, Situbondo mampu membawa pulang lima medali emas yang diperoleh dari cabor taekwondo 2 emas, selam 1 emas, petanque 1 emas dan binaraga 1 emas.

Tiga medali perak dari cabang olahraga tenes meja, patanque, dan woodball. Dan 15 medali perunggu yakni catur 1, panahan 2, tenes meja 1, anggar 2, taekwondo 1, woodball 1, tenis lapangan 1, tarung derajat 1, binaraga 1, senam 1, hoki pantai 1, dan selam 2 medali perunggu.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023