Pemerintah Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, memulai tahapan seleksi terbuka atau lelang jabatan untuk mengisi kekosongan sejumlah kepala organisasi perangkat daerah karena pejabat lama memasuki masa pensiun.

"Minggu ini tahapan lelang jabatan dimulai dan kami akan mengawali dengan mengirim surat rekomendasi lelang ke Komite Aparatur Sipil Negara (KASN)," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Ponorogo Andy Susetyo di Ponorogo, Senin.

Ada lima OPD yang saat ini masih diisi pelaksana tugas, yakni dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu (DPMPTSP), dinas perhubungan, dinas pertanian peternakan dan ketahanan pangan, dinas perdagangan dan UKM, serta dinas pemberdayaan masyarakat desa (DPMD).

Kekosongan jabatan tersebut, menurut Andy, sudah diketahui Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko dan telah memberikan instruksi untuk dilakukan seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP) dalam waktu dekat ini.

Namun, dari instruksi bupati tersebut hanya akan dilakukan lelang untuk empat jabatan, yakni kepala DPMPTSP, dishub, disperdagkum, dan DPMD. Sedangkan untuk dinas pertanian, peternakan dan ketahanan pangan akan tetap diisi oleh pelaksana tugas.

"Memang instruksi bupati dipertahankan, tidak diikutkan lelang. Untuk proses lelang JPTP akan kita mulai minggu ini," terang Andy.

Dalam proses awal tersebut, tambah Andy, akan dimulai dengan mengirim surat rekomendasi lelang ke Komite Aparatur Sipil Negara (KASN).

Proses tersebut diperkirakan selesai dalam waktu satu pekan, kemudian dilanjutkan dengan pengumuman dan pendaftaran peserta lelang jabatan.

"Estimasi kita pengumuman dan pendaftaran lelang jabatan tanggal 5 hingga 19 September 2023. Dengan catatan rekomendasi KASN turun sebelum tanggal itu," katanya.

Tahapan selanjutnya adalah seleksi administrasi, rekam jejak serta moralitas yang hasilnya diumumkan pada 22 September 2023.

Untuk yang memenuhi syarat akan mengikuti seleksi manajerial atau asesmen dengan menggandeng Universitas Brawijaya Malang. Hasil tersebut akan dilakukan tes wawancara oleh panitia seleksi.

"Tanggal 5 Oktober akan kami umumkan hasil seleksi tiga terbaik untuk dipilih oleh bupati. Kurang lebih proses lelang ini satu bulan dan Oktober akhir clear (selesai)," kata Andy.

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023