Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan panen raya ikan di Ranu Glabag Desa Ranuwurung Kecamatan Randuagung bisa menjadi destinasi wisata dan masuk agenda tahunan.

"Saya mengapresiasi even panen raya ikan di wisata Ranu Glabag. Kegiatan itu sangat bagus untuk perkembangan ekonomi masyarakat Desa Ranuwurung dan Ranulogong yang lokasinya berdampingan," kata Thoriqul Haq dalam keterangan di Kabupaten Lumajang, Senin.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Lumajang melalui Dinas Perikanan telah menebar 200.000 benih ikan air tawar dengan tiga jenis benih ikan, yakni ikan patin, nila dan tombro.

"Kegiatan panen raya ikan di Ranu Glabag itu luar biasa, terlihat dari antusias masyarakat yang datang ke lokasi," ucap Bupati yang akrab disapa dengan Cak Thoriq.

Ia mengatakan, pihaknya menerima usulan dari masyarakat agar Ranu Glabag bisa dioptimalkan menjadi salah satu destinasi wisata yang menjadi kegiatan tahunan, sehingga harapannya tahun-tahun yang akan datang hal tersebut dapat dimasukkan ke dalam agenda Pemerintah Kabupaten Lumajang.

Menanggapi keinginan tersebut, Cak Thoriq mengatakan bahwa tahun depan kegiatan panen raya ikan di Ranu Glabag akan dimasukkan dalam kalender tahunan Kabupaten Lumajang, sehingga meminta kepada kepala perangkat daerah terkait untuk memfasilitasi pelaksanaan kegiatan tersebut.

"Kami akan menyesuaikan agar panen raya ikan itu bisa masuk agenda tahunan Lumajang. Nantinya, pemerintah tinggal memfasilitasi agar semakin berkembang, seperti menyediakan bibit dan membantu dari segi peralatan sebagai pendukung sektor perikanan," tuturnya.

Ia berpesan kepada Pemerintah Desa Ranuwurung dan Ranulogong, serta masyarakat agar pemeliharaan Ranu Glabag dapat dikelola dengan baik sehingga potensi ke depannya terus bisa terjaga, sehingga kegiatan panen raya ikan ke depannya bisa lebih meriah lagi.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023