Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Timur berkomitmen menjadikan even "Colors in Unity" di Tugu Pahlawan Surabaya sebagai wadah memberikan edukasi dan pemahaman dunia politik bagi para kaum milenial.

"Kami gelar acara ini sebelum acara di pusat, tanggal 28-30 Agustus. Kami berusaha memberikan pengetahuan bahwa politik ini menyenangkan," kata Ketua DPW PAN Jawa Timur Ahmad Rizki Sadig saat konferensi pers di Rumah PAN Jatim, Surabaya, Jumat sore.

Acara tersebut digelar di Surabaya pada Minggu, 27 Agustus 2023 sekaligus menjadi rangkaian Hari Ulang Tahun ke-25 PAN.

Rizki menyebut melalui acara itu pihaknya ingin membangun pandangan kaum milenial terkait dunia perpolitikan yang tidak selalu buruk dan berjalan dengan cara-cara kaku.

Selain itu DPW PAN Jawa Timur ingin menanamkan rasa saling menghargai soal pilihan politik.

"Berbeda itu biasa dan itu fitrah, manusia lahir karena adanya perbedaan dari ayah dan ibu. Makanya tema yang kami ambil mencerminkan keberagaman dalam persatuan," ujarnya.

Budaya politik yang saling membangun itu coba disosialisasikan PAN Jawa Timur kepada anak-anak muda melalui acara tersebut, mengingat jumlah pemilih dari kategori milenial pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 menjadi yang paling dominan, dengan persentase 33,60 persen atau sebanyak 68.822.389 orang.

"Politik tidak perlu ditakuti maupun dijauhi, kami ingin membangun budaya politik yang menyenangkan, serius tetapi gembira dan tidak mengadu domba," ucapnya.

Oleh karenanya dia menyatakan "Colors in Unity" murni dilakukan untuk meningkatkan minat anak-anak muda terlibat di dalam Pemilu 2024.

"Partai politik punya fungsi pendidikan politik kepada generasi muda agar tidak apatis. Kami juga akan mengundang teman-teman dari partai lain sehingga mereka tahu," tuturnya.

Di tempat sama, Ketua Pelaksana "Colors in Unity" Juliana Evawati menyebut acara tersebut dikemas dengan menggabungkan konsep pertunjukan musik dan pesta rakyat.

"Ada Pasar Rakyat, bazar UMKM. Kami juga menghadirkan bintang tamu seperti Ungu, Heavy Monster, dan Dj Alena," ucap dia.

Dia menambahkan panitia juga akan menggelar even lari "Color Run" dengan rute Monumen Tugu Pahlawan, Jalan Pahlawan, Jalan Gemblongan, Jalan Tunjungan, Jalan Embong Malang, Jalan Blauran, Jalan Bubutan, dan berakhir di Tugu Pahlawan.

"Acaranya dimulai pukul 15.00 WIB, kami sediakan color station di Jalan Bubutan, peserta nanti ditabur bubuk-bubuk berwarna. Aspek keamanan dan kesehatan semua siap," ujarnya.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023