Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan optimistis bahwa "Sampoerna Academy Surabaya" akan menjadi bagian dari penguatan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) sebagai kebutuhan strategis ke depan. 

"Hari ini kita mendapatkan energi yang luar biasa. Sampoerna Academy akan memberikan penguatan kualitas SDM tidak hanya untuk Surabaya tapi juga untuk Jawa Timur dan Indonesia," katanya saat peresmian Sampoerna Academy di Surabaya, Kamis.

Khofifah menyambut positif Implementasi "science, technology, engineering, art and mathematics (STEAM)" di lembaga pendidikan Sampoerna Academy, karena penyiapan kualitas SDM menjadi kebutuhan strategis. .

"Artinya, bangunan karakter itu akan menjadi sesuatu yang intrinsik. Jadi, bukan hanya "academic achievement" tapi juga bangunan karakter itu menjadi satu kesatuan," ujarnya.

Pendidikan karakter selama ini ditekankan Presiden Joko Widodo, maka ketika kualitas SDM ditingkatkan melalui muatan "science and technology", maka harus dibarengi dengan pembentukan karakter. 

"Sampoerna Academy menjadi bagian yang sangat penting untuk bisa bersama-sama membentuk  penguatan SDM berkualitas di Surabaya dan Jawa Timur," tuturnya.

Mantan Menteri Sosial itu menginisiasi agar ke depan Sampoerna Academy bisa melakukan "sister school" dengan sekolah-sekolah yang kurang mampu di sekitarnya.

Misalnya, dengan memberikan bantuan maupun berbagi buku bacaan dan ilmu  pengetahuan.

"Dengan begitu anak-anak sudah punya kelas untuk diajak berkolaborasi kemudian berdonasi seperti buku tulis dan alat sekolah atau yang lainnya," ucapnya.
 

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023