Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) meraih penghargaan terbaik kedua kategori strategi pencapaian penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) tahun 2022.

Penghargaan "KUR Award" tersebut diserahkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang diwakili Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jatim di Jakarta.

Gubernur Khofifah menyampaikan melalui keterangan tertulis di Surabaya, Jumat terima kasih kepada berbagai pihak yang terlibat aktif dalam penyaluran KUR di Jatim, seperti bank penyalur, organisasi perangkat daerah,  pemerintah kabupaten/kota, dan para pelaku UMKM.

"Penghargaan ini menjadi bukti bahwa Pemprov Jatim selalu mengiringi berbagai upaya peningkatan skala ekonomi masyarakat khususnya melalui skema KUR bagi UMKM," katanya.

Baca juga: Tiga UMKM Banyuwangi terima KUR Bank Jatim

Baca juga: Pemkot Probolinggo gandeng Bank Jatim sosialisasikan KUR untuk perkuat modal UMKM

Baca juga: Bank Jatim siap salurkan KUR Rp1 triliun pada 2021

Gubernur Khofifah mengungkapkan realisasi KUR di Jatim tahun 2022 mencapai Rp64,11 triliun yang disalurkan untuk 1,8 juta UMKM. Jumlah tersebut meningkat sekitar Rp 14,08 triliun dibanding tahun 2021 yang mencapai Rp 49,22 triliun untuk 1,6 juta UMKM.

"Penghargaan tersebut sekaligus menjadi bukti konsistensi dan keseriusan Pemprov Jatim dalam mendorong UMKM di Jatim untuk naik kelas. Caranya dengan mendorong pelaku UMKM di Jatim untuk dapat mengakses permodalan melalui KUR," ucapnya.(*)

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Chandra Hamdani Noor


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023