Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) meraih tiga penghargaan dalam ajang Apresiasi Pemasaran Pariwisata Indonesia (APPI) 2023 yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). 

Dua di antaranya meraih juara I, yaitu untuk tema destinasi wisata dan even daerah. Sedangkan pada tema kuliner meraih juara III. 

Penghargaan diserahkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno yang diterima Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim Hudiyono, mewakili Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Jakarta, belum lama lalu.   

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi karena berhasil mendominasi perolehan penghargaan APPI 2023. 

"Penghargaan dari Kemenparekraf ini menjadi bukti bahwa kami tidak setengah-setengah dalam mempromosikan dan memajukan seluruh potensi pariwisata di seluruh penjuru Jatim," katanya melalui keterangan tertulis di Surabaya, Kamis.
 
APPI 2023 merupakan program Kemenparekraf dalam rangka pemenuhan target pergerakan wisatawan nusantara sebanyak 1,2 - 1,4 miliar perjalanan pada tahun 2023. 

Dalam program lomba yang berlangsung pada Maret-Juni 2023, pemerintah daerah se-Indonesia disyaratkan mengirimkan video berdurasi 1 menit untuk masing-masing mempromosikan destinasi wisata dan ekonomi kreatif. 

Selanjutnya setiap bulan terdapat tantangan yang diberikan kepada seluruh dinas untuk dapat membuat video dengan berbagai tema mulai dari destinasi wisata, even daerah, seni dan budaya, serta kuliner.

Ajang ini juga sebagai apresiasi untuk para pemerintah daerah baik provinsi, kabupaten dan kota dalam memajukan destinasi di masing-masing daerah.

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023