PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) menyelesaikan pekerjaan peningkatan keandalan sistem di Gardu Induk (GI) 70 kV Ponorogo untuk memastikan pelaksanaan rangkaian perayaan Grebeg Suro berjalan lancar.

General Manager PLN UIT JBM Didik Fauzi Dakhlan dalam keterangan diterima di Surabaya, Rabu, mengatakan ada 24 orang personel yang diturunkan Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Madiun untuk melakukan penggantian material transmisi berupa CT kopel 70kV dan CVT di Gardu Induk (GI) 70kV Ponorogo.

"Current Transformer atau biasa disebut CT ini adalah peralatan dapat dimonitoring kondisinya melalui hasil pengukuran (metering) serta dapat dilindungi melalui proteksi apabila adanya gangguan yang menimbulkan arus yang sangat besar sebagai akibat short circuit (hubungan singkat) ataupun overload," ujar Didik.

Baca juga: Bank Jatim dan PT Asuransi Perisai Listrik Nasional kerja sama soal bank garansi

Sementara CVT atau Capacitive Voltage Transformer adalah salah satu peralatan pada GI yang bertugas sebagai alat proteksi yang mentransformasikan besaran tegangan sistem dari yang tinggi ke besaran tegangan listrik yang lebih rendah sehingga pengukuran menjadi lebih aman, akurat dan teliti.

"Sehingga dapat dimengerti pekerjaan dilakukan setelah sebelumnya, saat inspeksi rutin ditemukan adanya indikasi yang diperlukan adanya tindak lanjut agar memastikan sistem pada GI tetap aman," ucapnya.

Didik menambahkan, pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik setelah sebelumnya cuaca ekstrem dengan kelembaban dan curah hujan tinggi.

"Semua pekerjaan telah selesai dilakukan untuk keandalan sistem sehingga diharapkan segala kegiatan pelanggan dalam perayaan Grebeg Suro di Ponorogo dapat berjalan lancar dan meriah seperti biasanya," kata Didik.

Kabupaten Ponorogo sendiri disuplai kebutuhan listrik pelanggannya dari GI 70kV Ponorogo.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023