Tim Nasional Basket Indonesia U-16 menjaga asa lolos ke kejuaraan kelompok usia tingkat Asia di Doha, Qatar, sai menyudahi perlawanan Tim Nasional Basket Malaysia U-16 dengan skor tipis 83-80 di babak "FIBA U-16 Asian Championship SEABA Qualifiers", di GOR Basket Kertajaya Surabaya, Selasa malam.

Pemain Tim Nasional Bakset Indonesia U-16 I Ketut Gede Bayu Prayoga Putra menyatakan kehadiran dukungan dari para suporter di GOR Basket Kertajaya Surabaya mampu meningkatkan semangat bertarung rekan-rekannya.

"Penonton yang banyak membuat saya lebih semangat dan di-support juga oleh orang tua," ucap Prayoga setelah pertandingan.

Dia juga berharap para suporter bisa memberikan dukungan di laga penentuan menghadapi pemuncak grup Tim Nasional Filipina U-16, Rabu, 19 Juli 2023.

Di sisi lain, Prayoga menyebut tim pelatih bakal mematangkan strategi untuk meraih hasil positif pada laga besok.

"Persiapan khusus untuk pertandingan selanjutnya mungkin besok akan lebih dibahas, dan jangan lupa dukung Indonesia besok melawan Filipina," ucapnya.

Sementara, Pemain Tim Nasional Basket Malaysia U-16 Jian Wei Tan menyebut kekalahan ini lantaran faktor kedisiplinan para pemain menggalang pertahanan, sehingga penggawa Tim Nasional Indonesia mampu beberapa kali mencetak poin krusial.

"Pertahanan kami harus lebih baik kedepannya, kami juga akan menghadapi pertandingan selanjutnya melawan Thailand," katanya.

Pada kuarter pertama Tim Nasional Basket Malaysia U-16 mampu mengungguli permainan tuan rumah Tim Nasional Basket Indonesia U-16. Kuarter tersebut pun ditutup dengan keunggulan Malaysia dengan skor 30-21.

Memasuki kuarter kedua, Tim Nasional Indonesia langsung tancap gas, mereka berambisi mengejar ketertinggalan poin di kuarter pertama.

Indonesia mampu berbalik unggul 37-35 atas Malaysia. Kuarter tersebut ditutup untuk keunggulan Tim Nasional Basket Indonesia U-16 dengan skor 46-44.

Pada kuarter ketiga Tim Nasional Indonesia berupaya memperlebar selisih poin dari Malaysia. Anak asuh Liem Filixs mampu mengunci pertandingan dengan kedudukan 70-57 atas Malaysia.

Pada kuarter keempat Indonesia semakin menjauh dari kejaran lawannya. Mereka sanggup memimpin 73-57 pada awal kuarter tersebut. 

Tim Nasional Basket Indonesia U-16 mampu menutup pertandingan dengan kemenangan 83-80 atas Malaysia.

Pada pertandingan tersebut pemain Tim Nasional Basket Indonesia U-16 I Ketut Gede Bayu Prayoga Putra mencetak 27 poin. Sedangkan pemain dari Malaysia Jian Wei Tan mencatat 20 poin.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023