Wing Udara 2 Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal), Rabu, mengukuhkan Letnan Satu Laut (P/W) Sri Utami sebagai kapten pilot helikopter wanita pertama di jajaran Puspenerbal.

"Umumnya kapten pilot yang mengawaki pesawat udara TNI Angkatan Laut adalah laki-laki, namun kali ini berbeda. Alhamdulillah kita berhasil mewujudkan mimpi Puspenerbal untuk memiliki kapten pilot wanita pesawat udara operasional pertama dalam sejarah Penerbangan TNI AL setelah 30 tahun merekrut penerbang wanita," kata Komandan Wing Udara 2 Kolonel Laut (P) Ma'arif.

Hal tersebut disampaikan Ma'arif usai mengukuhkan Lettu Laut (P/W) Sri Utami sebagai kapten pilot helikopter Bell-412 wanita pertama di jajaran Puspenerbal di Sarang Gurita Skuadron Udara 400 Wing Udara 2 Juanda, Sidoaorjo.

Menurut ia, banyak rintangan yang dilalui untuk mencapai prestasi ini dan sejarah ini menjadi catatan kebanggaan tersendiri bagi Wing Udara 2 Puspenerbal.

Ia berharap ke depan lebih banyak lagi anggota Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) yang dapat mencapai kualifikasi kapten pilot sebagai wujud emansipasi wanita dan kesetaraan.

Pengukuhan Lettu Sri Utami sebagai kapten pilot helikopter ini juga diyakinkan Komandan Sekolah Penerbangan TNI AL Letnan Kolonel Laut (P) Oscar Johanes Novie selaku instruktur helikopter Bell 412. Ia menyatakan bahwa Lettu Sri Utama lulus sebagai kapten pilot.

Lettu Laut (P/W) Sri Utami merupakan salah perwira penerbang angkatan XXI dan telah mengantongi 345 jam terbang di helikopter Bell-412.

Sri Utami sehari hari berdinas di Skuadron Udara 400 Wing Udara 2 Puspenerbal di bawah pimpinan Mayor Laut (P) Sutrisno yang juga sebagai instruktur sekaligus melatih hingga mengantarkan perwira pertama itu sebagai kapten pilot.

Pewarta: Didik Kusbiantoro

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023