Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin mengajak para pelaku koperasi untuk melakukan digitalisasi dan inovasi guna meningkatkan peran dan daya saing di era modern.

"Pengembangan modernisasi koperasi itu tidak hanya fokus pada pengelolaan kelembagaan, namun juga pada integrasi digital dengan memanfaatkan teknologi informasi," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Kota Probolinggo, Selasa.

Pemerintah Kota Probolinggo terus mendorong tata kelola koperasi untuk meningkatkan peran dan daya saingnya di era modern, salah satunya melalui kegiatan "Pendidikan dan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Koperasi melalui Modernisasi Koperasi" yang digelar pada 10-12 Juli 2023.

"Saya berpesan agar koperasi harus terus berkarya dan berinovasi menghadapi dinamika zaman, melakukan terobosan, kolaborasi dan harus bisa menggandeng semua anggotanya untuk saling menguatkan, khususnya bagi pelaku usaha kecil menengah," tuturnya.

Ia berharap dengan adanya kegiatan peningkatan kapasitas bagi pelaku usaha koperasi yang ada di wilayah Kota Probolinggo, maka melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah dan Perdagangan (DKUMP) maka dilakukan pembinaan-pembinaan, memperbarui informasi, memberikan saran perkembangan tentang arah digitalisasi modern.

Sementara Kepala DKUMP Kota Probolinggo Fitriawati mengatakan bahwa digitalisasi koperasi akan memberikan kemudahan dalam pelaporan keuangan dan pengelolaan keuangan akan lebih transparan, serta akuntabel sehingga kepercayaan anggota koperasi akan meningkat.

"Selama ini koperasi di Kota Probolinggo masih manual, terutama dalam hal pelaporan keuangan, sehingga ke depan koperasi bisa menjadi koperasi digital, dan bisa menjadi kepercayaan bagi anggota karena transparan," katanya.

Ia berharap ada peningkatan skala koperasi ke sektor riil karena koperasi itu tidak hanya bergerak di bidang simpan pinjam saja, namun koperasi juga bergerak di bidang usaha dan anggotanya juga memiliki keinginan untuk menjadi UKM.

"Saat ini ada 166 koperasi aktif di Kota Probolinggo. Rencananya pembinaan akan terus dilakukan untuk mewujudkan digitalisasi koperasi," ujarnya.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023