DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Surabaya memperkuat akses pendidikan wong cilik dengan mendistribusikan penerima beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) dari jaring aspirasi anggota Komisi X DPR RI Puti Guntur Soekarno.

"PIP adalah program pemerintahan Presiden Jokowi, yang dikelola Kementerian Pendidikan Nasional. Dijaring Ibu Puti Guntur Soekarno melalui kader-kader PDI Perjuangan untuk memperkuat akses pendidikan bagi pelajar-pelajar dari keluarga tidak mampu," kata Ketua DPC PDIP Surabaya, Adi Sutarwijono di Surabaya, Minggu.

Diketahui Puti Guntur merupakan anggota DPR RI dari Fraksi PDIP dari Dapil Surabaya-Sidoarjo. Cucu Bung Karno ini gigih memperjuangkan akses pendidikan, terutama bagi warga tidak mampu.

"Program pembangunan Presiden Jokowi telah dirasakan warga masyarakat, seperti pemberian PIP. Maka, PDIP mengajak masyarakat untuk menjaga keberlanjutan program-program pemerintahan Presiden Jokowi di masa depan," katanya.

Pembagian PIP dimulai dari Kecamatan Tambaksari pada Sabtu (8/7) malam. Acara tersebut dihadiri Sekretaris DPC PDI Perjuangan Surabaya, Baktiono, yang juga Ketua Komisi C bidang pembangunan DPRD Kota Surabaya. Juga Ketua PAC PDIP Kecamatan Tambaksari Arif Wirawan dan para kader banteng.

Kemudian pada Minggu (9/7) ini, berlanjut ke Kecamatan Mulyorejo dan Asemrowo, lalu Krembangan dan Sukomanunggal. Acara tersebut dihadiri Wakil Wali Kota Surabaya Armuji dan Tenaga Ahli Puti Guntur Soekarno, Aliyudin dan Rizal. 

Hadir pengurus PDI Perjuangan lainnya, yakni Hadrean Renanda, Anas Karno, Achmad Hidayat, Hamid dan Agus Basuki, Heri Budi Santoso, Hariaji dan Triyarso. 

"Seperti pendidikan gratis untuk jenjang SD Negeri dan SMP Negeri, juga pemberian seragam gratis untuk pelajar tidak mampu, dari sekolah negeri maupun swasta," kata Wawali Armuji pada kesempatan yang sama.

Untuk jenjang SMA dan SMK, kata dia, Pemkot Surabaya telah mengintervensi pembiayaan pelajar melalui pemberian beasiswa pemuda tangguh. Tahun ini, satu bulan mendapat Rp200 ribu per orang tiap bulan. 

"Kami jaga jenjang pendidikan dari anak-anak Surabaya, supaya dapat terus berlanjut ke level yang paling tinggi. Jangan sampai ada yang putus sekolah," kata Cak Ji, panggilan akrabnya.

Tahun ini, PDIP Surabaya berhasil menjaring 6.152 penerima manfaat PIP, kebanyakan dari keluarga tidak mampu di level SD, SMP, SMA dan SMK.

Pada jenjang pelajar SD, penerima manfaat PIP mendapatkan Rp 450 ribu satu tahun. Jenjang SMP Rp750 ribu dan jenjang SMA/SMK Rp1 juta.

"Semua harus seratus persen untuk keperluan pendidikan putra-putrinya," kata Sekretaris PDIP Surabaya Baktiono menambahkan.
 

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023