Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengajak mahasiswa untuk menguasai teknologi dan digital, sebagai salah satu bekal untuk sukses di masa depan.

"Keahlian analisis data dan data sains serta penguasaan platform digital dan alat kerja kolaboratif juga harus biasa dikuasai. Jadi nanti dikembangkan, open minded ada perubahan apapun bisa ikuti lalu punya growth mindset. Jadi mindset harus dikembangkan terus," katanya di Kediri, Senin.

Wali Kota saat menjadi salah satu narasumber seminar karir "Kiat Sukses Menentukan Pilihan Karir di Era Revolusi Industri 5.0" di Aula Kampus 2 PSDKU Polinema di Kota Kediri tersebut juga menambahkan bahwa persiapan yang harus dilakukan selanjutnya untuk bisa sukses adalah keterampilan komunikasi dan kolaborasi.

Para mahasiswa harus memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik. Lalu mahasiswa punya keterampilan tim dan pekerjaan dalam tim virtual serta kemampuan memahami kebutuhan pelanggan dan pasar.

Mas Abu, sapaan akrabnya juga menambahkan pendidikan dan pembelajaran sepanjang hayat juga harus dipersiapkan. Segala hal baik dipelajari termasuk kuti pelatihan dan sertifikasi keterampilan.

"Karena saat ini kompetensi keahlian sebuah profesi juga dilihat dari sertifikasi yang dimiliki. Selain itu, harus bisa beradaptasi atas segala perubahan yang ada," kata dia.

Wali Kota juga memberikan gambaran terkait peluang pekerjaan dalam revolusi industri 5.0. Contohnya Data Scientist dan Analis Big Data, Spesialis Keamanan Cyber, Pengembangan Robotika dan sebagainya.

Kemudian peluang pekerjaan baru seperti manajer transformasi digital, desainer pengalaman pengguna (User Experience Designer), serta spesialis keamanan privasi data.

Dalam bidang kewirausahaan peluang pekerjaan yakni membuka usaha start-up, kolaborasi dengan perusahaan besar untuk pengembangan teknologi baru, serta menggunakan teknologi untuk solusi sosial dan lingkungan.

"Setiap hari saya banyak bertemu orang, lalu saya melihat perkembangan yang sangat cepat. Saya tidak membayangkan bahwa perkembangan yang terjadi saat ini secepat kilat. Perkembangan ini diisi oleh anak-anak muda. Sekarang ini kita masuk ke revolusi industri 5.0. Tentu di 5.0 ini membuat semuanya menjadi lebih mudah tapi menjadi berat bagi pendidiknya. Jadi kerjanya para dosen juga harus ekstra," ucap dia.

Peserta Seminar Karir ini adalah para mahasiswa semester akhir PSDKU Polinema Kediri, yang sebentar lagi akan menyongsong dunia kerja.

Untuk itu, Wali Kota Kediri mengungkapkan perlunya persiapan agar para mahasiswa ini bisa bertahan di era revolusi industri 5.0.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023