Pewarta Foto Indonesia (PFI) Malang menggelar road show pameran Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) 2023, di Malang Creative Center (MCC) Kota Malang pada 26 Juni hingga 2 Juli 2023.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang Nur Widianto, Senin, mengatakan bahwa Pemerintah Kota Malang memberikan apresiasi kiprah PFI Malang yang dalam usia muda sudah berprestasi pada tingkat nasional.

"Semangat teman-teman ini sesuai dengan harapan Wali Kota, dari Malang untuk Indonesia dan dunia. Teman-teman PFI mampu menunjukkan bahwa dari Malang berprestasi dan mewarnai tingkat nasional," kata Widianto.

Widianto mengatakan karya-karya jurnalistik yang dihasilkan PFI akan memberi nilai sejarah tersendiri. Ia berharap, karya-karya jurnalistik tersebut bisa menjadi inspirasi, edukasi dan meningkatkan literasi masyarakat.

"Foto akan menjadi saksi sejarah, dari sebuah foto akan menjadi saksi peradaban kota, negara, bahkan dunia," tambahnya.

Sementara itu, Ketua PFI Malang Darmono menambahkan organisasi profesi yang dibentuk pada 2015 tersebut masih tergolong muda. Namun, PFI Kota Malang sudah melakukan sejumlah kegiatan, khususnya terkait dengan dunia fotografi jurnalistik.

"Sudah banyak kegiatan yang kami lakukan, mulai dari workshop foto, pelatihan jurnalistik, penggalangan bantuan dan lain-lain," katanya.

Ketua panitia kegiatan, Ipunk Purwanto mengungkapkan gelaran Anugerah Pewarta Foto Indonesia merupakan ajang penghargaan tertinggi untuk insan wartawan foto di Indonesia. APFI 2023 diikuti sebanyak 300 pewarta foto dengan total karya sebanyak 2.512 foto.

"Sebanyak 35 foto pemenang dan nominasi APFI 2023 akan ditampilkan. Pameran ini terbuka untuk umum dan gratis," ujarnya.

Road Show Pameran APFI 2023 bertujuan untuk mengingatkan akan peristiwa yang terjadi pada 2022 melalui karya jurnalistik para wartawan foto.

Selain itu, juga memberikan edukasi bagi masyarakat untuk pentingnya memahami, mengabadikan, dan mengarsipkan suatu peristiwa.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023