Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, membangun infrastruktur jembatan di wilayah pesisir yaitu di Desa Klurak Kecamatan Candi, guna meningkatkan perekonomian daerah.
 
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor di Sidoarjo, Jumat, mengatakan jembatan tersebut sangat dibutuhkan warga karena merupakan infrastruktur yang vital bagi masyarakat untuk melakukan aktivitas ekonomi.
 
"Jembatan tersebut menghubungkan Desa Klurak dengan Desa Balongdowo, Kecamatan Candi," kata Ahmad Muhdlor di sela peletakan batu pertama pembangunan jembatan tersebut.
 
Ia mengatakan pembangunan infrastruktur yang memadai penting untuk meningkatkan konektivitas dan memajukan perekonomian lokal.
 
Ia menyampaikan komitmen pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat salah satunya dengan pembangunan jembatan itu.
 
"Pembangunan jembatan ini memberikan manfaat signifikan bagi warga Desa Klurak dan Desa Balongdowo khususnya," tuturnya.
 
Ia mengatakan selain meningkatkan mobilitas dan aksesibilitas, jembatan ini juga membantu dalam mendorong pertumbuhan ekonomi lokal.
 
"Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan infrastruktur di Kabupaten Sidoarjo demi kemakmuran masyarakat," tuturnya.
 
Ia mengatakan jembatan ini memiliki panjang 24 meter yang melintasi sungai di wilayah tersebut diharapkan membuka akses yang lebih baik bagi warga desa dan daerah sekitarnya ke pusat-pusat perdagangan, pendidikan serta fasilitas kesehatan.
 
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Sidoarjo, Dwi Eko Saptono mengatakan anggaran untuk pengerjaan jembatan yang ditargetkan selesai akhir Desember 2023 atau selama 180 hari kerja ini sebesar Rp1,4 miliar.
 
"Anggaran pembangunan jembatan yang menampung beban sebesar 20 ton ini, diambil dari APBD Kabupaten Sidoarjo tahun 2023. Sehingga, diharapkan Desember akhir tahun ini selesai," ucapnya.
 
Ia mengatakan pembangunan jembatan ini merupakan bagian dari program pembangunan infrastruktur yang dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.
 
Menurutnya, pembangunan jembatan ini diharapkan selesai dalam waktu yang tidak terlalu lama, dengan pengawasan ketat dari pihak terkait untuk memastikan kualitas dan keamanannya.
 
"Diharapkan pembangunan jembatan di Desa Klurak ini dapat menjadi tonggak penting dalam upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan infrastruktur dan mendorong perkembangan ekonomi di Kabupaten Sidoarjo," tuturnya.
 

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023