Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Pasuruan, Provinsi  Jawa Timur memberikan pelatihan pembuatan kue pada para penyandang disabilitas di daerah tersebut.
 
Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Lembaga Kerja Daerah (LKD) Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Pasuruan, Umi Asih Indrawati dalam keterangan tertulis di Pasuruan, Rabu, mengatakan total ada 16 peserta yang mengikuti pelatihan pembuatan roti dan kue, di RSDB Kelurahan Dermo, Kecamatan Bangil.
 
Menurut dia, pelatihan digelar selama 18 hari. Selama pelatihan para peserta diberikan bahan-bahan untuk membuat roti dan kue, mulai dari gula, tepung terigu, telur ayam dan bahan lainnya. Sedangkan alat-alat untuk pembuatan sudah disiapkan masing-masing instruktur," katanya.
 
"Kalau bahan kami yang menyediakan. Tapi untuk alat-alat seperti mixer, oven, penggorengan dan lainnya dari instruktur," ujarnya.
 
Ia mengatakan, pelatihan pembuatan roti dan kue didanai oleh anggaran dari APBD dan APBN dengan gabungan pelatihan yang lain seperti tata rias, komputer, membatik, menjahit.

Plt Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Pasuruan, Tectona Jati menyatakan bahwa dengan adanya pelatihan pembuatan kue dan roti, diharapkan dapat bermanfaat bagi para penyandang disabilitas. Utamanya untuk menambah pendapatan dan dapat mengembangkan usahanya supaya semakin besar.
 
"Setelah pelatihan ini dan terjun di masyarakat, para peserta diharapkan dapat membuat produk. Sehingga, dapat meningkatkan pendapatan mereka dan mereka bisa mandiri dan sejahtera," ujarnya
 
Lebih lanjut, Tectona menambahkan bahwa pelatihan bagi para penyandang disabilitas akan terus dilakukan di tahun-tahun mendatang.
 
"Akan menjadi agenda setiap tahunnya," ujarnya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023