Pemerintah Kabupaten Sidoarjo mengebut perbaikan sejumlah sarana dan prasarana yang ada di lingkungan Gedung Olahraga (GOR) Sidoarjo menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur 2023.
 
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor di Sidoarjo, Selasa, mengatakan saat ini perbaikan venue (tempat) pertandingan terus dilakukan dan sebelum hari H pelaksanaannya dipastikan siap digunakan.
 
"Utamanya rehabilitasi stadion Gelora Delta. Seperti perbaikan lintasan atletik dan perbaikan lampu stadion. Di luar stadion tidak luput dari pembenahan. Seperti penambahan lampu penerangan halaman parkir Timur GOR Sidoarjo," ujarnya di Sidoarjo.
 
Ia mengatakan, pihaknya juga Melaka perbaikan lapangan voli pantai dan pemeliharaan Stadion Jenggolo serta pembangunan lapangan skate board, lapangan cabang olahraga pentaque di depan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Sidoarjo.
 
"Terdapat juga pembangunan fasilitas wall climbing speed di GOR Sidoarjo yang sedang dikerjakan. Perbaikan tersebut menelan anggaran hampir Rp17 miliar," ujarnya.
 
Ia mengatakan, secara umum Kabupaten Sidoarjo siap menjadi salah satu tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi ke VIII Jawa Timur tahun 2023.
 
"Kabupaten Sidoarjo ditunjuk menjadi tempat pembukaan Porprov Jatim ke VII yang digelar tanggal 9 September 2023," katanya.
 
Ia mengatakan, Kabupaten Sidoarjo menjadi tuan rumah bersama Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto serta Kabupaten Jombang pada olah raga dua tahunan ini.
 
"Secara umum kami lihat semuanya sudah berjalan bagus, tinggal bersama-sama menyukseskan demi nama baik kabupaten yang kita cintai bersama ini," ujarnya .
 
Penyelenggaraan Porprov Jatim di Sidoarjo akan diikuti 22 cabang olahraga yaitu atletik, bola voli indoor, renang, bulutangkis, sepak bola, drumband, bridge, sepatu roda, panahan, berkuda, sepak takraw, bola tangan, senam, aeromodelling, angkat berat, angkat besi, bina raga, voli pasir, panjat tebing, futsal, bola basket dan tarung drajat.
 
Pemkab Sidoarjo juga akan mendirikan sekretariat besar (sekber) Porpov Jatim di pintu utama stadion Gelora Delta sebagai pusat informasi pelaksanaan even.

Di tempat tersebut juga digunakan untuk koordinasi dan konsultasi pelaksanaan porprov serta pelayanan administrasi.
 
Pada pembukaannya nanti dihibur band "Padi Reborn", kemudian tari kolosal dari 700 penari yang akan dipadu dengan lampu memukau bertajuk "Sidoarjo Gemilang".
 
Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Sidoarjo Joko Supriyadi mengatakan akan ada pengambilan api Porprov Jatim dari halaman Candi Pari Kecamatan Porong yang akan dilakukan Agustus mendatang.

Setelah itu, lanjut dia, api porprov akan dikirab menuju Kabupaten Mojokerto, kota Mojokerto dan Kabupaten Jombang. Dari Kabupaten Jombang kembali dikirab ke Gedung Negara Grahadi.
 
"Dimungkinkan juga dilaksanakan kirab api porprov di setiap kecamatan di Kabupaten Sidoarjo," ujarnya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023