Wali Kota Madiun Maidi memastikan stok bahan pangan di wilayah setempat aman dan mencukupi guna mengantisipasi bencana kekeringan ekstrim berdasarkan prakiraan BMKG.

Ia mengatakan salah satu upaya Pemerintah Kota Madiun dalam menjaga stok pangannya di antaranya dengan mengoptimalkan fungsi Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang ada di sejumlah kelurahan.

"Menghadapi musim kemarau, ketahanan pangan khususnya di KRPL kelurahan kita cek kondisinya jangan sampai kekurangan air dan mati," ujar Wali Kota Maidi di Madiun, Selasa.

Pihaknya akan melakukan pengecekan secara bergantian di tiap KRPL yang ada di Kota Madiun agar penanaman sayuran, cabai, hingga budi daya ikan air tawar bisa terus berjalan.

Hasil pantauannya, kondisi KRPL yang ada saat ini sudah cukup baik dan diharapkan terus dioptimalkan. Jangan sampai terpengaruh besar dengan perubahan cuaca. Dengan demikian, hasilnya nanti bisa untuk menambah stok pangan warga kelurahan sekitar jika dibutuhkan.

"Antusiasme masyarakat sudah baik dalam mengelola KRPL di kelurahannya masing-masing dan terus ditingkatkan. Jangan sampai musim kemarau ada penyusutan," katanya.

Selain mengoptimalkan fungsi KRPL, Wali Kota juga meminta masyarakat bisa terus konsisten untuk menghidupkan lahan "tidur" yang ada di lingkungan sekitar.

"Ini untuk menunjang kebutuhan harian, tidak usah beli sayur, kangkung, cabai. Jika butuh, tinggal petik," kata dia.

Pihaknya juga meminta warga untuk menjaga lingkungan tempat tinggalnya, agar tetap asri dan sehat. Di antaranya dengan menanam pohon ataupun bunga, serta tidak membuang sampah di sembarang tempat.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023