PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara (Jatimbalinus) menyerahkan peralatan jahit di Desa Bangilan Kabupaten Tuban, sebagai upaya mendukung pengembangan sektor perekonomian bagi warga setempat.

Area Manager Comm Rel and CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus Ahad Rahedi mengatakan bantuan alat jahit guna mewujudkan ekonomi mandiri, sehingga mewujudkan pengembangan berkelanjutan.

"Selain mengimplementasikan SDGs, Pertamina turut berupaya menjalankan Environmental, Social & Governance (ESG) Management, terutama di bidang sosial," kata Ahad Rahedi melalui keterangan resmi, Senin.

Diketahui, ESG merupakan langkah perusahaan dalam menjalankan bisnisnya yang berfokus pada keberlanjutan bisnis secara jangka panjang. 

Ahad menyebut bantuan itu juga untuk mendukung tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya menyediakan kesempatan kerja produktif dan layak untuk semua, serta mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif dan berkelanjutan.

"Dengan cara ini, Pertamina yakin dapat senantiasa menghasilkan manfaat ekonomi di masyarakat sesuai dengan tanggung jawab lingkungan dan sosial," ujarnya.

Total PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus menyerahkan 16 unit mesin jahit, dua unit mesin obras benang, satu unit mesin potong kain, satu unit mesin "overdeck", dua unit mesin kancing, satu unit mesin bordir, dua unit setrika uap, satu unit komputer, dan satu unit LCD proyektor kepada "Lembaga Kursus dan Pelatihan Gaya Remaja Taylor".

Penyerahan bantuan tersebut merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina kepada masyarakat yang berada di area sekitar perusahaan. 

Sementara, Ketua Perkumpulan Lembaga Kursus dan Pelatihan Gaya Remaja Taylor Muasyim mengatakan warga Desa Bangilan memiliki potensi dalam bidang usaha tekstil.

Diharapkan bantuan itu menjamin pengembangan keterampilan masyarakat sehingga bisa menjadi bekal berwirausaha.

"Kami berharap bantuan peralatan menjahit ini dapat dirasakan oleh masyarakat  di sekitar yang membutuhkan keterampilan di bidang menjahit, agar dapat mengurangi jumlah pengangguran khususnya di sekitar wilayah Jawa Timur dan di Indonesia pada umumnya", ujar Muasyim.

Dia juga pun mengapresiasi langkah Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus yang telah membantu upaya pengembangan perekonomian warga Desa Bangilan. 

Diharapkan langkah itu membawa dampak positif dalam pembangunan kemandirian dan ekonomi yang berkelanjutan.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023