Pimpinan DPRD Kota Surabaya salut generasi muda Surabaya aktif melestarikan budaya leluhur saat menghadiri tradisi sedekah bumi di petilasan Mbah Goemok di Petemon, Minggu

"Tradisi baik yang di sana ada nilai-nilai seni budaya di samping doa bersama dengan seribu tumpeng yang sudah disiapkan warga. Tua muda semuanya kompak guyub," kata Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Reni Astuti saat menghadiri sedekah bumi.

Tampak pula dalam kedatangan pimpinan dewan tersebut turut hadir membersamai Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi didampingi juga oleh Ketua PKK Kota Surabaya Rini Indriyani yang kian menambah semarak acara kampung di akhir pekan itu.

Agenda rutinan yang dilaksanakan setahun sekali ini pun menampilkan beragam pertunjukan seni dan budaya seperti tari remo, jaranan, campur sari lalu pengajian agama, tasyakuran, malam tirakatan hingga sarasehan.

Dalam keterangannya, Reni sapaan akrab wakil rakyat tersebut menyatakan, bahwa acara sedekah bumi merupakan momen yang tepat untuk mengenang dan mendoakan leluhur dan semakin meningkatkan kebersamaan dan kegotongroyongan antarwarga.

Menurutnya, bangsa yang baik adalah yang tidak melupakan jasa para pendahulunya. Sehingga bagi Reni perlunya untuk mempertahankan tradisi sarat kekeluargaan itu. 

"Jadi keguyuban kebersamaan rasa syukur menghormati mendoakan leluhur yang sudah babat alas itu adalah sesuatu yang patut dilestarikan," katanya. 

Terlebih lagi, lanjut dia, semangat gotong royong penting untuk ditularkan dan diturunkan kepada para generasi muda untuk melanjutkan kegiatan positif ini. 

Oleh karena itu, ia pun kagum dengan keterlibatan para karang taruna yang ambil bagian dalam kemeriahan acara itu.

"Dan yang paling hebat lagi adalah pelibatan anak-anak muda, karang taruna jadi panitia acara saya kira itu patut diapresiasi dipertahankan, luar biasa," ujarnya.

Terakhir, Reni berharap agar kampung-kampung di Kota Pahlawan dapat senantiasa guyub dan rukun. 

Hal sama juga dikatakan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi yang mengajak warganya melestarikan budaya kampung.

"Saya senang melihat guyub-rukune (guyup-rukunnya) warga melalui kegiatan sedekah bumi. Kemarin sudah ada beberapa acara yang digelar dan hari ini acara sedekah bumi," katanya.

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023