Tim paduan suara Universitas Surabaya (Ubaya Choir) terpilih menjadi bagian dari orkestra konser Dewa 19 bertajuk "A Night at the Orchestra Chapter 3" yang diadakan di Grand City Convention Hall, Surabaya, 19-20 Mei 2023.

"Tim Ubaya Choir yang tampil terdiri dari 20 mahasiswa dari beragam fakultas," kata Ketua Ubaya Choir, Kimberley Vina Puspita dalam keterangannya di Surabaya, Senin. 

Selain Ubaya Choir, dalam orkestra tersebut juga terdapat sekitar 50 pemusik yang berasal dari Jakarta dan mahasiswa kampus lain. 

Orkestra ini dibawahi oleh Guntur Nur Puspito yang merupakan associate arranger dan conductor untuk Ahmad Dhani Philharmonic Orchestra. 

Kimberley Vina Puspita menyebut hal ini merupakan suatu kebanggaan bagi dirinya dan tim dapat satu panggung dengan artis papan atas. 

"Persiapan untuk acara ini terbilang cukup singkat, hanya sekitar satu minggu. Tapi dengan latihan yang cukup serta arahan dari Mas Guntur, syukurlah kami bisa menampilkan performa yang terbaik," kata dia. 

Selain latihan, tim Ubaya Choir juga melakukan persiapan fisik seperti istirahat yang cukup dan menjaga pola makan.

Mereka membawakan sekitar lima sampai enam lagu dalam konser. Salah satunya lagu iconic Freddie Mercury, yakni Bohemian Rhapsody yang dibawakan bersama tim orkestra pada pembukaan acara. 

"Ini menjadi momen paling berkesan karena Ahmad Dhani sendirilah yang menjadi conductor kami," ujarnya. 

Selain itu, mereka juga mengiringi penyanyi-penyanyi terkenal lainnya dalam membawakan lagu-lagu hits Dewa 19 seperti Roman Picisan, Aku Cinta Kau dan Dia, Pupus, Persembahan dari Surga, serta Hadapi dengan Senyuman. 

Kimberley mengatakan, setelah ini Ubaya Choir akan mengikuti lomba paduan suara skala internasional bertajuk "10th a Voyage of Songs International Choral Competition" di Bangkok, Thailand pada bulan Agustus mendatang. 

Wakil Rektor III Ubaya Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Dra. Christina Avanti, M.Si., Apt. mengatakan pencapaian ini menjadi salah satu bentuk penghargaan yang membanggakan bagi keluarga besar Ubaya. 

"Ubaya selalu mendukung eksistensi bakat mahasiswa melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Kami berharap, momen ini bisa menjadi pemicu semangat bagi tim Ubaya Choir dan mahasiswa lainnya yang tergabung di UKM untuk aktif mengembangkan minat dan bakatnya pada skala nasional bahkan internasional," ujarnya. (*)

Pewarta: Willi Irawan

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023